PERBANDINGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA METODE PEMBELAJARAN DARING DAN METODE PEMBELAJARAN LURING DI SMA NEGERI 3 BALAESANG

NURHANA (2022) PERBANDINGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA METODE PEMBELAJARAN DARING DAN METODE PEMBELAJARAN LURING DI SMA NEGERI 3 BALAESANG. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurhana. A,2021. Perbandingan Aktivitas Belajar Siswa Pada Metode Pembelajaran Daring dan Metode Pembelajaran Luring Di SMA Negeri 3 Balaesang. Skripsi, program studi bimbingan dan konseling, jurusan ilmu pendidikan, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas tadulako, pembimbing Munifah
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah aktivitas belajar siswa pada metode pembelajaran daring lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembelajaran luring di SMA Negeri 3 Balaesang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian komparatif. Menggunakan rancangan penelitian analisi komparatif dengan sabjek penelitian 60 orang siswa SMA. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket aktivitas belajar. data penelitian selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis infrensial. Analisis infrensial dilakukan secara statistik dengan rumus uji t (satu ekor) pada taraf signifikan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa pada pembelajaran daring yaitu 60% siswa yang memiliki aktivitas belajar aktif dan 40% siswa yang memiliki aktivitas belajar tidak aktif. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran luring yaitu 26,67% siswa yang memiliki aktivitas belajar sangat aktif, 66,67% siswa yang memiliki aktivitas belajar aktif dan 6,66% siswa yang memiliki aktivitas belajar tidak aktif. Berdasarkan hasil analisis infrensial, jumlah t hitung > t tabel atau 6,23 > 1,68. Hasil penelitian membuktikan bahwa aktivitas belajar siswa pada metode pembelajaran daring lebih rendah dibandingkan dengan aktivitas belajar siswa pada metode pembelajaran luring di SMA Negeri 3 Balaesang.
Kata kunci : pembelajaran daring, pembelajaran luring, aktivitas belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/133406
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item