Perbandingan Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Dan Jigsaw Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V SDN Tondo

ASRIANI (2020) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Dan Jigsaw Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V SDN Tondo. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan tipe jigsaw pada pelajarn IPA materi bumi dan alam semesta di Kelas V SDN Tondo. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Sampel penelitian adalah sampel jenuh, dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Sampel pada penelitian ini berjumlah 2 kelas. Teknik analisis data menggunakan Ujit dan N-Gain. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung sebesar 1,59 sedangkan ttabelsebesar 2,01. Sehingga dapat dikatakan bahwa thitung < ttabel. Berdasarkan pengujian statistik tersebut dapat dikatakan bahwa tidak terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen Jigsaw dan kelas eksperimen NHT, sedangkan hasil N-Gain menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain untuk kelas Jigsaw sebesar 0,44 dan NHT 0,38.

Kata Kunci: Kooperatif, Jigsaw, NHT, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Sains
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/133447
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item