PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE SIMULASI DENGAN METODE MEDIA AUDIO- VISUAL PADA MATA PELAJARAN PJOK DI SMA NEGERI 8 SIGI

MOHAMMAD ISRA (2023) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE SIMULASI DENGAN METODE MEDIA AUDIO- VISUAL PADA MATA PELAJARAN PJOK DI SMA NEGERI 8 SIGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbadingan hasil belajar siswa menggunakan metode simulasi dengan metode media audio-visual di SMA N 8 Sigi. Adapun penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2023 dengan mengambil nilai ujian pada materi senam ritmik. Jenis penelitian ini adalah studi kompratif yakni penelitian yang memiliki fungsi untuk membandingkan antara dua perlakuan atau lebih dari satu variabel atau beberapa variabel sekaligus. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu siswa siswi SMA N 8 Sigi kelas XII IPS 1 dan XII IPS 2 sejumlah 60 orang siswa. Untuk teknik analisis data penulis menggunakan bantuan program SPSS (Statistical Product And Service Solution) yaitu program aplikasi yang digunakan untuk melakukan perhitungan statistik dengan menggunakan komputer. Adapun tahap analisis data sebagai berikut: Uji perbandingan Pretest dan Postest Menggunakan Metode Simulasi, Uji perbandingan Pretest dan Posttest menggunakan metode media Auddio-visual, Uji perbandingan posttest menggunakan metode simulasi dan metode media audio-visual. Berdasarkan hasil analisis data uji perbandingan pretest dan postest menggunakan metode simulasi yaitu pretest rata-rata 68,5 kemudian posttest 90. Maka disimpulkan hasil ini menunjukkan perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest menggunakan metode simulasi pada sekolah SMA N 8 Sigi. Kemudian hasil analisis data uji perbandingan pretest dan postest menggunakan metode media audio-visual yaitu pretest rata-rata 68,5 kemudian posttest 90. Maka disimpulkan hasil ini menunjukkan perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan postest menggunakan metode media audio-visual pada sekolah SMA N 8 Sigi. Dan yang terakhir yaitu Perbandingan posttest menggunakan metode simulasi dan metode media audio-visual, dapat dilihat nilai rata-rata postest simulasi yaitu 90.00 dan nilai posttest media audio-visual 90.00. dengan demikian disimulkan bahwa tidak ada perbedaan antara nilai posttest menggunakan metode simulasi dengan metode media auduo visual pada sekolah SMA N 8 Sigi.

Kata Kunci: Perbandingan Hasil Belajar, Metode Simulasi, Metode Media Audio Visual

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/133451
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item