PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN PEMBELAJARAN LURING DAN PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 1 PALU

RISMA WATI PUTRI (2023) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN PEMBELAJARAN LURING DAN PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 1 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa antara pembelajaran luring dan daring di SMP Negeri 1 Palu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Palu dengan jumlah siswa 352. Sampel adalah siswa kelas VII yang melaksanakan pembelajaran luring dan daring, dengan sampel yang berbeda tetapi memiliki tingkat kemampuan akademik yang sama. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Siswa yang peneliti ambil adalah siswa kelas A diambil sebanyak 32 orang siswa dan siswa kelas B diambil sebanyak 32 orang siswa, maka jumlah sampel yang diambil sebanyak 64 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan mengambil nilai ulangan tengah semester pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel pada Tahun Ajaran 2021/2022 yang diperoleh siswa saat pembelajaran daring dan nilai ulangan tengah semester pada Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel pada Tahun Ajaran 2022/2023 yang diperoleh siswa saat pembelajaran luring. Dengan syarat materi yang diajarkan setara pada saat pembelajaran luring dan daring serta siswa memiliki tingkat kemampuan akademik yang sama. Data yang terkumpul selanjutnya diolah menggunakan analisis statistik t-test. Berdasarkan analisis data, diperoleh : (1). Hasil belajar matematika pada saat pembelajaran daring diperoleh nilai rata-rata 71,94 (2). Hasil belajar matematika pada saat pembelajaran luring diperoleh nilai rata-rata 58,56 (3). Nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0.05. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran luring dan pembelajaran daring.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Luring dan Pembelajaran Daring.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/133680
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item