PERILAKU KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA-SISWI SMK NEGERI 2 PALU

TAQBIRANDA SEKAR ADHANI (2021) PERILAKU KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA-SISWI SMK NEGERI 2 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Taqbiranda Sekar Adhani Perilaku kecanduan game online pada siswa–siswi SMK Negeri 2 Kota Palu (di bawah bimbingan Herman)

Peminatan Promosi Kesehatan
Program Studi Kesehatan Masyarakat
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Tadulako
Februari 2020

Penggunaan fasilitas komputer yang berlebihan dan tidak proporsional bisa mengarahkan pada tingkahlaku kecanduan. Adanya Massively Multiplayer Online Role Playing Games (MMORPG) memberikan konstribusi yang luas bagi kemunculan kecanduan. World Health Organization (WHO) memasukan perilaku kecanduan game kedalam daftar penyakit dalam laporan International Classification of Diseases edisi 11 (ICD-11) dengan demikian, perilaku kecanduan resmi masuk sebagai gangguan kesehatan jiwa. Pengguna game online siswa-siswi di SMK Negeri 2 Kota Palu, dari data jumlah siswa berdasarkan jenis kelamin perempuan sebanyak 420 dan laki-laki sebanyak 270 dengan jumlah keseluruhan 690 dikelas X. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi, atraksi, jenis game online dan durasi bermain game online terhadap perilaku kecanduan game online pada siswa-siswi SMK Negeri 2 Kota Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data indepth interview. Sampel informan penelitian sebanyak 7 informan yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil menunjukan bahwa motivasi yang menjadikan siswa mengambil waktu luang untuk bermain game online dan sudah menjadi kegemaran, atraksi sebagai bentuk penghargaan dalam pertemanan dengan kemampuan skill bermain game yang dimainkan terus meningkatkan level untuk menguji adrenalin, jenis game yang mempengaruhi tingkat bermain game online, durasi bermain game dengan variasi waktu berbeda. Saran, pihak sekolah diharapkan memberikan edukasi dan informasi bertujuan meningkatkan kesadaran akan dampak kecanduan bermain game online.

Kata Kunci: Kecanduan, Game Online

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/134027
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item