Perilaku Orang Tua Dalam Mencegah Kecanduan Game Online Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Maero Kabupaten Jeneponto

SAPRIADI (2024) Perilaku Orang Tua Dalam Mencegah Kecanduan Game Online Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Maero Kabupaten Jeneponto. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh global games market report 2022 menunjukkan bahwa jumlah pengguna game online di dunia sebanyak 2,3 miliar dan jumlah pengguna game online di Indonesia sebanyak 80 juta jiwa. Berdasarkan studi pendahuluan dengan melakukan tes sederhana untuk mengetahui adanya gejala kecanduan game online pada anak anak yang bermain game online di desa maero, adapun hasil yang diperoleh adalah dari 24 orang anak yang menjawab kuisioner ditemukan 21 anak yang memiliki gejala kecanduan game online dan 3 orang lainnya memiliki resiko kecanduan game online, hal ini terjadi karena kurangnya pengawasan orang tua terhadap anak pada saat bermain game online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku orang tua dalam mencegah kecanduan game online pada anak usia sekolah dasar di Desa Maero. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan dalam penelitian sebanyak 9 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengelolaan data dengan teknik matriks. Hasil penelitian menunjukan bahwa orang tua pengetahui cara mencegah kecanduan game online dengan cara memberikan batasan waktu dalam bermain game online. Sikap yang ditunjukan orang tua dengan melakukan pengawasan terhadap anak. Sarana dan prasarana orang tua yaitu mengalihkan anak anak untuk bermain bersama teman sebaya dan memberikan peraturan berupa batasan waktu bermain. Tokoh masyarakat di Desa Maero melakukan upaya pencegahan berupa teguran kepada anak anak yang bermain game online. Saran diharapkan pihak aparat desa dapat melakukan sosialisasi dan pembuatan poster terkait dampak bermain game online dan pola asuh orang tua pada anak serta pihak sekolah dasar dapat memberikan edukasi kepada siswa terkait dampak bermain game online.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/134100
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item