Perilaku Pedagang Dan Konsumen Di Pasar Malam Desa Loli Pesua

ULFIRAH PARAMITHA (2023) Perilaku Pedagang Dan Konsumen Di Pasar Malam Desa Loli Pesua. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv
ABSTRAK
Ulfirah Paramitha, B 301 19 006, Judul Skripsi “ Perilaku Pedagang dan
Konsumen Pasar Malam Di Desa Loli Pesua”, dibimbing oleh Muhammad
Marzuki selaku pembimbing utama dan Citra Dewi selaku pembimbing
pendamping.
Penelitian ini menggambarkan kehidupan pasar malam yang menjadi tumpuan
perekonomian masyarakat Desa Loli Pesua. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
perkembangan tentang pasar malam yang awalnya hanya sebagai sarana hiburan
keluarga bagi masyarakat kini berubah sebagai sarana pemenuhan kebutuhan
mingguan yang sebagaimana seperti pasar tradisional yang menyediakan berbagai
macam produk kebutuhan sehari-hari serta menjadi pelopor bagi terbentuknya pasar
malam yang berada di desa lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana pola perilaku pedagang dan juga perilaku konsumen dalam berbelanja
serta untuk mengetahui bagaimana pasar malam bisa bertahan di tengah kehadiran
pasar modern yang semakin menjamur.
Penelitian ini bertempat di Desa Loli Pesua Kecamatan Banawa, Kabupaten
Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
yang berdasarkan penelitian deskriptif untuk merincikan setiap gambaran kegiatan
pasar malam melalui perilaku pedagang dan perilaku konsumen serta alasan
bagaimana pasar malam ini dapat bertahan di era pasar modern. Dengan teknik
pengumpulan data yaitu studi pustaka, observasi, wawancara dan teknik analisis
data. Informan ditetapkan secara purposive yakni, Pengelola pasar, Pedagang,
Konsumen dan Masyarakat yang dapat menjelaskan pertanyaan penelitian yang
merujuk tentang sejarah terbentuknya pasar malam, perilaku pedagang dan
konsumen di pasar malam, serta eksistensi pasar malam di tengah maraknya
kehadiran pasar modern.
Hasil dari penelitian ini menunjukan perilaku pedagang pasar malam melayani
konsumen dengan menggunakan teknik pendekatan yang mengumpamakan
konsumen sebagai kerabat mereka. Cara mereka menentukan harga produk
dagangan mereka ditentukan oleh harga yang ada di pasaran. Konsumen yang
memilih berbelanja di pasar malam didasari oleh keinginan mereka untuk
memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Di pasar malam para konsumen merasa
nyaman selain dengan suasana yang tidak panas juga letak pasar malam yang
strategis. Harga dan kualitas produk yang ada di pasar malam dinilai sesuai dengan
penghasilan masyarakat Desa Loli Pesua yang menjadi konsumen utama pasar
malam. Pasar malam yang telah berjalan selama tujuh tahun ini telah banyak
berkontribusi dalam kehidupan masyarakat Desa Loli Pesua sehingga
keberadaannya tidak mudah tergerus akibat menjamurnya pasar modern. di Desa
Loli Pesua sebenarnya sangat berpotensi untuk membangun pasar modern tetapi
ada banyak sekali pro dan kontra terkait hal tersebut sehingga sampai sekarang ini
pasar modern masih menjadi pertimbangan bagi masyarakat dan pemerintah.
Kata kunci : Pasar malam, Pedagang , Konsumen, Eksistensi Pasar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Antropologi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/134105
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item