PERSEPSI MASYARAKAT DESA LOLI SALURAN TERHADAP APLIKASI TIKTOK

ALFIN HIDAYAT (2022) PERSEPSI MASYARAKAT DESA LOLI SALURAN TERHADAP APLIKASI TIKTOK. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Alfin Hidayat, B 501 17 081. “Persepsi Masyarakat Desa Loli Saluran Terhadap Aplikasi Tiktok” Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Dibimbing oleh Sumarni Zainuddin sebagai Konsultan I dan Edwan sebagai Konsultan II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat Desa Loli Saluran terhadap aplikasi tiktok. Konsep penelitian ini menggunakan teori persepsi yang terdiri dari 3 proses yaitu sensasi, atensi, dan interpretasi. Tipe penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan dasar penelitian menggunakan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang yang dipilih melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan observasi dan wawancara serta teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Media sosial bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam hal berkomunikasi sehingga memiliki dampak baik bagi informan, dan informan bisa membentuk persepsinya terhadap aplikasi tiktok melalui tiga tahap yaitu, Sensasi, Atensi dan Interpretasi. Tiktok merupakan salah media sosial baru dimana setiap pengguna bisa membuat, berbagi video serta berinteraksi secara langsung melalui kolom komentar maupun chat pribadi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis secara sistematis melalui ketiga tahap dalam membentuk persepsi informan yaitu tahap sensasi, tahap atensi dan tahap interpretasi. Informan mempersepsikan aplikasi tiktok tersebut, karena aplikasi tiktok menjadi salah satu aplikasi yang diminati oleh masyarakat Desa Loli Saluran kususnya anak muda. Aplikasi tiktok juga memberikan fitur yang menarik seperti filter mempercantik wajah, filter animasi, durasi postingan video yang lama (3 menit), maupun fitur jual-beli yang ada pada aplikasi tiktok. Dalam aplikasi tiktok menayangkan video atau konten dari kreator, berbelanja menggunakan aplikasi tiktokshop dan dari aplikasi tiktok mereka bisa mendapatkan berbagai macam informasi, seperti informasi olahraga, breaking news, dan berbagai informasi lainnya.

Kata Kunci : Persepsi, Media, Aplikasi Tiktok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/134703
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item