PERSEPSI SISWA KELAS XI IPA TERHADAP MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 PARIGI TENGAH

MOHAMMAD ARYO (2020) PERSEPSI SISWA KELAS XI IPA TERHADAP MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 PARIGI TENGAH. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Aryo, Stambuk A 311 12 066. Persepsi Siswa Kelas XI IPA Terhadap Mata Pelajaran Sejarah di SMAN 1 Parigi Tengah. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. (UNTAD) Palu, Pembimbing 1 Dra.Hj. Junarti, M.Hum dan Pembimbing 2 Dr. Nuraedah, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana kesiapan guru sejarah dalam melaksanakan pembelajaran di SMAN 1 Parigi Tengah? (2) Bagaimana cara pandang secara langsung maupun tidak langsung siswa kelas XI IPA SMAN 1 Parigi Tengah terhadap mata pelajaran sejarah? (3) Bagaimana persepsi siswa dalam membedakan, mengelompokkan, memfokuskan serta pengamatan kondisi terhadap guru pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPA SMAN 1 Parigi Tengah? Tujuan penelitian dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui kesiapan guru sejarah dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran di SMAN 1 Parigi Tengah. (2) Untuk menjelaskan cara pandang secara langsung maupun tidak langsung siswa kelas XI IPA SMAN 1 Parigi Tengah terhadap mata pelajaran sejarah. (3) Untuk menjelaskan persep sisiswa dalam membedakan, mengelompokkan, memfokuskan serta pengamatan kondisi terhadap guru pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPA SMAN 1 Parigi Tengah. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, deskriptif adalah mengambarkan keadaan yang apa adanya di lapangan. Pendekatan ini akan menghasilkan data secara tertulis dan lisan dari aktivitas subjek yang akan diteliti. Dengan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang dijadikan populasi yaitu berjumlah 46 orang, dan guru sejarah sebanyak 1 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui observasi, penyebaran angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yaitu guru sejarah di SMAN 1 Parigi Tengah sudah memiliki kesiapan dalam melaksanakan pembelajaran, responden menyatakan cukup siap, selain itu cara pandang secara langsung maupun tidak langsung siswa kelas XI IPA SMAN 1 Parigi tengah terhadap mata pelajaran sejarah sudah cukup baik, serta Persepsi siswa dalam membedakan, mengelompokkan, memfokuskan serta pengaatan kondisi terhadap guru pada mata pelajaran sejarah dikelas XI IPA SMAN 1 Parigi Tengah sudah cukup baik.

Kata Kunci :Persepsi, Mata Pelajaran Sejarah
?

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/134868
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item