NOVIANTI (2021) PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMANFATAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SIGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Novianti, 2021. Persepsi Siswa terhadap Pemanfataan Media Audio Visual pada
Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sigi. Skripsi, Program
Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing, Dr. Misnah, S.Pd., M.Pd
Permasalahan yang diajukan dalam tulisan ini adalah pandangan atau
persepsi siswa terhadap penggunaan media dalam proses pembelajaran, agar
proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Sigi bisa lebih efisien maka perlu
didukung dengan memanfaatankan media yang tepat salah satunya dengan
menggunakan media audio visual. Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui
gambaran ketersediaan media audio visual pada mata pelajaran sejarah di kelas XI
SMA Negeri 2 Sigi; 2) Untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pemanfaatan
media audio visual pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 2 Sigi.
Subjek penelitian ini ialah siswa-siswi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sigi sebanyak
12 orang. Teknik pengumpulan data adalah: observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data secara kualitatif dalam bentuk: reduksi data,
penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di
SMA Negeri 2 Sigi sudah menggunakan media audio visual dalam proses belajar
mengajar mata pelajar sejarah, dan bukan hanya pada pelajaran sejarah saja,
namun media audio visual sudah diterapkan di pelajaran lainnya. Pihak SMA
Negeri 2 Sigi dalam penggunaan media audio visual ini telah menyediakan
leptop, LCD/infokus, dan alat penunjang lainnya. Namun dibalik kelebihan dari
media audio visual, ditemukan pula beberapa hambatan yang terjadi di SMA
Negeri 2 Sigi dalam penggunaannya misalnya seperti pemadaman lampu listrik
secara tiba-tiba dan gangguan koneksi internet. Persepsi siswa kelas XI IPS SMA
Negeri 2 Sigi terhadap pemanfaatan media audio visual pada mata pelajaran
sejarah sudah cukup baik, dimana banyak informan menyatakan bahwa
penggunaan media audio visual saat pelajaran sejarah sudah sesuai dengan materi
pembelajaran, dan kebanyakan dari mereka justru lebih menyukai proses belajar
mengajar dengan media audio visual karena tidak menimbulkan kebosanan, rasa
ngantuk, kejenuhan, lebih memahami isi materi, dan lain sebagainya.
Kata Kunci: Persepsi, Audio Visual, dan Pelajaran Sejarah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/134895 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |