PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 5 MODEL PALU

YULVIANI I. MAILILI (2022) PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 5 MODEL PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Yulviani I. Mailili, 2022. “Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring di
Masa Pandemi COVID-19 pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas XI MIPA SMA
Negeri 5 Model Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan
Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Abd. Hakim Laenggeng.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan persepsi siswa terhadap pembelajaran
daring, kendala yang dihadapi oleh siswa terhadap pembelajaran daring, dan
solusi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan pembelajaran daring di masa
pandemi COVID-19 pada mata pelajaran biologi di kelas XI MIPA SMA Negeri 5
Model Palu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI MIPA 3, XI
MIPA 4, XI MIPA 5 dan sampel penelitian berjumlah 40 siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil
penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa
persepsi siswa terhadap pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 pada
mata pelajaran biologi di kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Model Palu termasuk
dalam kategori baik dengan presentase 70%. Kendala yang terjadi saat
pembelajaran daring yaitu siswa tidak dapat mengikuti pembelajaran daring
dengan efektif karena ketidakstabilan jaringan internet, kesulitan untuk
konsentrasi dalam pembelajaran daring, terlambat dalam mengumpulkan tugas,
kurangnya partisipasi dalam pembelajaran, ketidak tertarikan terhadap materi
pembelajaran, bosan saat pembelajaran berlangsung, motivasi belajar menurun
menyebabkan kurangnya kemauan dan keinginan dalam belajar, melamun dan
mengantuk saat pembelajaran sehingga sulit memahami materi yang diberikan,
siswa tidak menyukai pembelajaran daring karena waktu belajar yang relatif
singkat, komunikasi yang terbatas, jaringan serta kuota internet yang kurang
memadai. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah diharapkan guru
bisa membuat video pembelajaran yang menarik dan dapat diakses secara offline
sehingga siswa yang mengalami kendala pada jaringan internet dapat
mengaksesnya, guru dapat memanfaatkan platform serta media teknologi dalam
menunjang pembelajaran daring agar siswa tidak bosan saat belajar, dan peran
orang tua sebagai guru dalam mendampingi dan mengawasi siswa selama
pembelajaran daring sangatlah penting.
Kata kunci : Persepsi Siswa, Pembelajaran Daring, COVID-19, Mata Pelajaran
Biologi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/134906
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item