PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TINOMBO

FADILLAH (2021) PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TINOMBO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
FADILLAH, 2020. Persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tinombo. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Charles Kapile
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : Bagaimana persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tinombo? Tujuan Penelitian ini yaitu : (1) Untuk mendiskripsikan persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tinombo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan jumlah sampel 42 siswa dari 120 populasi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui observasi, penyebaran angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Media pembelajaran di sekolah ini sudah cukup memadai, hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara peneliti dengan narasumber (Guru) menyatakan bahwa mereka sering menggunakan media dalam pembelajaran dimana ada kendala yang menjadikan terhambatnya penggunaan media seperti alat colokan dalam kelas yang menjadi penghambat dari media yang digunakan. (2) Sebagian besar siswa memiliki persepsi yang positif tentang penggunaan media pembelajaran hal ini di dukung dengan hasil analisis penilaian siswa sebesar 92,86% yang menyatakan setuju hingga sangat setuju bahwa guru sering menggunakan media pembelajaran seperti peta, audio, dan gambar, sehingga membuat siswa mudah menerima dan memahami materi yang diajarkan oleh guru dan 7,14 % yang memiliki persepsi tidak setuju hingga sangat tidak setuju guru sering menggunakan media pembelajaran seperti peta, audio, dan gambar, sehingga membuat siswa mudah menerima dan memahami materi yang diajarkan oleh guru.
Kata Kunci : Persepsi Siswa, media pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/134913
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item