FADLUN (2022) PERSEPSI SISWA TERHADAP STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X IIS 2 MAN 2 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Fadlun, 2020. Persepsi siswa terhadap strategi guru dalam meningkatkan
minat belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di kelas X iis 2 MAN 2 Palu.
Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing Dr.Mahfud M.Gamar, S.Pd., M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : Bagaimana persepsi siswa
terhadap strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam
pembelajaran sejarah di kelas X iis 2 MAN 2 Palu? Tujuan penelitian ini yaitu :
untuk mengetahui bagaimana presepsi siswa terhadap strategi guru sejarah dalam
meningkatkan minat belajar siswa di kelas X IIS 2 MAN 2 Palu. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penenlitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Dengan jumlah sampel 26 siswa dari 1,026 populasi.
Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui wawancara,
dokumentasi dan angket. Analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai
berikut : (1) Guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas memiliki peran yang
sangat penting dalam mendidik siswanya, untuk itu guru dituntut untuk lebih kreatif
dalam melaksanakan pembelajaran di kelas sehingga siswa minat untuk mengikuti
pembelajaran tersebut. guru juga dituntut bagaimana mengolah suatu strategi
pembelajaran yang menarik sehingga dapat memicu minat siswanya untuk mau
belajar juga dapat menimbulkan keinginan siswa untuk melaksanakan dan berfikir
dalam menjalankannya (2) Strategi mengajar yang digunakan guru sejarah di
MAN 2 Palu sudah baik hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara yang
didapatkan peneliti bahwa siswa selalu minat untuk mengikuti pemebalajaran
sejarah di kelas tidak hanya itu siswa juga aktif dalam pembelajaran berupa berani
mengemukakan pendapat mereka kepada guru maupun memberikan pendapat
kepada temannya yang bertanya. Dalam proses pembelajaran keaktifan siswa
didalam kelas sangat diperlukan karena dengan aktifnya siswa, akan
menghasilkan proses pembelajaran yang baik terutama pada mata pelajaran
sejarah.
Kata Kunci : Persepsi Siswa, Strategi Guru, Minat Siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/134920 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |