Persepsi Terhadap Penggunaaan Zoom Pada Mahasiswa Kelas Berbicara Tahun Ketiga Universitas Tadulako

MUHAMMAD TRIANSYAH (2022) Persepsi Terhadap Penggunaaan Zoom Pada Mahasiswa Kelas Berbicara Tahun Ketiga Universitas Tadulako. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Muhammad Triansyah (A 121 17 125). Persepsi tentang penggunaan zoom dalam kelas berbicara siswa tahun ketiga di universitas tadulako Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan IlmuPendidikan, di bawah bimbingan Konder Manurung dan Wahyudin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang penggunaan zoom in speaking class sebagai alternatif solusi. Apakah penggunaan zoom sebagai media pembelajaran online di kelas berbicara dirasakan positif atau negatif selama era pandemi covid-19. Subyek penelitian ini adalah 47 mahasiswa angkatan 2019, tahun ajaran 2021–2022, pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Tadulako. Jenis penelitian ini adalah penelitian metode campuran dengan desain tertanam. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan zoom di kelas berbicara dirasakan negatif oleh siswa, ada banyak aspek yang dipengaruhi seperti: penggunaan aplikasi zoom di kelas berbicara tidak dapat memenuhi aspek evaluasi keterampilan berbicara itu sendiri, ketidakstabilan internet gangguan koneksi di tengah transfer ilmu, masalah keuangan dalam pembelian paket internet, dan mahasiswa kurang inisiatif dalam meningkatkan prestasi berbicaranya. Namun, ada juga beberapa persepsi positif yang ditemukan dalam penelitian ini mengenai penggunaan zoom sebagai media pembelajaran. Para siswa setuju bahwa penggunaan aplikasi zoom sangat berguna dan dapat membantu siswa belajar secara mandiri yang mengubah kebiasaan belajar mereka dan mendukung siswa untuk terlibat secara aktif selama kelas berbicara. Ini menyiratkan bahwa penggunaan aplikasi zoom tidak tepat untuk digunakan di kelas berbicara. Hal ini didukung oleh data dari kuisoner. Selain itu, siswa setuju bahwa aplikasi zoom tidak dapat membantu mereka meningkatkan keterampilan berbicara mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/134931
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item