Personal Branding Content Creator Lokal Dalam Menarik Minat Followers

ABD AZIS (2022) Personal Branding Content Creator Lokal Dalam Menarik Minat Followers. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Abdul Aziz, B 501 15 068, Personal Branding Content Creator Lokal
Dalam Menarik Minat Followers, dibimbing oleh Bapak Edwan, selaku
pembimbing I dan Ibu Nurhaidar, selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat personal branding content creator
lokal di Kota Palu pada media sosial Instagram. Konsep penelitian ini
menggunakan teori Personal Branding oleh Peter Montoya yang terdiri dari tujuh
konsep yaitu spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, terlihat,
ketekunan, dan nama baik. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif dengan dasar penelitian menggunakan metode studi kasus. Informan
dalam penelitian ini berjumlah dua orang content creator lokal di Kota Palu pada
media sosial Instagram. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan
menggunakan wawancara dan observasi serta teknik analisis datanya
menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam akun Instagram
@andrijamril dan akun Instagram @luckytembang tidak menerapkan semua
konsep personal branding. Ada tujuh kategori saja konsep personal branding
yang di miliki dalam menarik minat Followers pada media sosial Instagram
seperti spesialisasi kemampuan berbahasa daerah, kepemimpinan mengontrol
sebuah personal brand dengan memberi wewenang dimana sumbernya content
creator dianggap sebagai pemimpin oleh orang-orang di dalam domain yaitu
followers-nya, kepribadian karakter yang unik dalam membuat konten video
menggunakan dialeg dan bahasa daerah Kaili Rai, perbedaan ciri khas dalam
membuat konten di Instagram, terlihat sebagai content creator lokal Kota Palu
dan menjadi brand ambassador dari berbagai tempat usaha yang ada di Kota Palu,
ketekunan dalam membuat konten video, dan nama baik content creator lokal
bernama Andri Firmansyah pemilik dari akun Instagram @andrijamril sudah di
kenal baik dan di ajak berkolaborasi bersama akun public figure yang ada di Kota
Palu yaitu akun instagram@diah.puspita79 dan pada isi kontennya menyampaikan
pesan kepada kaum milenial Kota Palu agar tetap menggunakan bahasa
daerahnya. Lalu pada content creator lokal bernama Lukman pemilik dari akun
Instagram @luckytembang sudah dikenal baik dan sudah mendapatkan piagam
penghargaan dari TribunPalu.com sebagai Influencer paling ramah se-Kota Palu.

Kata Kunci : Personal Branding, Content Creator, Followers, Instagram

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/134945
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item