ICHRASUL (2022) Pofil Kemampuan Spasial Siswa SMPN 19 Palu Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Balok. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Ichrasul. 2022. Profil kemampuan spasial SMP Negeri 19 Palu Dalam
Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Balok. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan
Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing Dr. Nurhayadi, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi kemampuan spasial SMP
Negeri 19 Palu dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar balok. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini dipilih berdasarkan
kemampuan matematika. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
sebanyak 3 siswa yang diambil dari 32 siswa yaitu satu siswa dengan kemampuan
matematika tinggi, satu siswa dengan kemampuan matematika sedang, dan satu
siswa dengan kemampuan matematika rendah. Hasil dari penelitian ini adalah (1)
Subjek dengan kemampuan matematika tinggi mencapai empat indikator yaitu yang
pertama mampu menyatakan bentuk atau ukuran yang sebenarnya dari suatu
tampilan dimensi tiga, yang kedua mampu menyatakan bentuk atau posisi suatu
bangun ruang, yang ketiga mampu menyatakan hubungan unsur-unsur dalam
dimensi 3 (hubungan garis, bidang, dan titik), dan yang keempat mampu
menyatakan bentuk suatu objek pada perspektif dan situasi tertentu. (2) Subjek
dengan kemampuan matematika sedang mampu mencapai tiga indikator pertama
mampu menyatakan bentuk atau ukuran yang sebenarnya dari suatu tampilan
dimensi tiga, namun pada indikator yang kedua tidak mampu dengan baik
menyatakan bentuk atau posisi suatu bangun ruang, yang ketiga mampu
menyatakan hubungan unsur-unsur dalam dimensi 3 (hubungan garis, bidang, dan
titik), dan yang keempat mampu menyatakan bentuk suatu objek pada perspektif
dan situasi tertentu. (3) Subjek dengan kemampuan matematika rendah tidak dapat
mencapai ke empat indikator kemampuan spasial. Siswa dengan kategori
kemampuan matematika rendah belum dapat membayangkan bentuk dari suatu
balok, namun hanya dapat menyatakan beberapa informasi pada soal yang
diberikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/135590 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |