PREDIKSI PENJURUSAN SEKOLAH MENENGAH ATAS MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 (STUDI KASUS : SMA NEGERI 5 PALU)

VIVI PATRIAH (2020) PREDIKSI PENJURUSAN SEKOLAH MENENGAH ATAS MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 (STUDI KASUS : SMA NEGERI 5 PALU). Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

SMA Negeri 5 Palu merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memperkenalkan penjurusan dan membaginya dalam dua pilihan jurusan yaitu IPA dan IPS. Kurikulum yang digunakan SMA Negeri 5 Palu saat ini ialah kurikulum 2013. Salah satu kendala dalam proses penjurusan sekolah disebabkan oleh sistem penjurusan yang masih manual, sehingga untuk proses penjurusannya dibutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, pada penelitian ini di bangun sistem prediksi penjurusan sekolah yang dapat memprediksi penjurusan berdasarkan data-data sebelumnya. Sehingga dapat untuk dilakukan proses prediksi penjurusan sekolah berdasarkan nilai rata-rata rapor MTK, nilai rata-rata rapor IPA, nilai rata-rata rapor IPS, minat dan nilai hasil tes. Sistem prediksi penjurusan sekolah yang dibangun berbasis desktop menggunakan Bahasa pemrograman Delphi dan database mysql. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah prediksi data mining ialah metode algoritma C4.5. Algoritma C4.5 digunakan untuk membentuk pohon keputusan yang membagi kumpulan data yang besar menjadi himpunan-himpunan record yang lebih kecil dengan menerapkan serangkaian aturan keputusan untuk memprediksi penjurusan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil prediksi penjurusan sekolah yang sudah diuji sesuai dengan tingkat akurasi sebesar 83,33%.
Kata Kunci : penjurusant, prediksi penjurusan sekolah, algoritma C4.5, sistem prediksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136045
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item