ELFA DIRANSARI (2025) PREFERENSI KONSUMEN DI RUMAH MAKAN SB BAKSO PLANET CUT MUTIA KOTA PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Elfa Diransari (O12120120) Preferensi Konsumen di Rumah Makan SB Bakso Planet Cut Mutia Kota Palu di bawah bimbingan Sayekti Handayani sebagai Pembimbing Utama dan Bapak Taufiq Eka Riandhana sebagai Pembimbing anggota.
Preferensi konsumen adalah kecenderungan seseorang dalam memilih suatu produk atau layanan berdasarkan kebutuhan, keinginan, serta nilai yang di anggap penting. Preferensi konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti keragaman menu, kualitas produk, harga, cita rasa, dan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui preferensi konsumen pada Rumah Makan SB Bakso Planet Cut Mutia Kota Palu dan untuk mengatahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen pada Rumah Makan SB Bakso Planet Cut Mutia Kota Palu. Penelitian ini telah dilaksanakan di rumah makan SB Bakso Planet Cut Mutia Kota Palu pada bulan juni 2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey dengan penyebaran kuesioner. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 responden yang datang berkunjung di rumah makan SB Bakso Planet. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu statisik deskritif meliputi multi atribut fihsbein dan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh karakteristik konsumen umumnya berjenis kelamin perempuan sebanyak (61,76%), umur yang paling banyak dewasa 19-44 tahun sebanyak (85,29%), pendidikan yang paling banyak adalah SMA sebanyak (67,65%), dan pekerjaan terbanyak adalah wiraswasta sebanyak (38,24%). Atribut yang menjadi preferensi konsumen di rumah makan SB Bakso Planet Cut Mutia Kota Palu, yang menduduki urutan pertama berturut-turut yang paling dipertimbangkan sampai dengan yang kurang dipertimbangkan konsumen adalah keragaman menu, kualitas produk, cita rasa, Pelayanan dan harga. Hasil penelitian menyatakan dari kelima faktor tersebut mendapatkan penilaian (88,89) dengan skala interval (80-104) masuk dalam kategori suka. Sedangkan faktor utama yang mempengaruhi preferensi konsumen adalah harga, kualitas produk, dan pelayanan.
Kata Kunci: Preferensi Konsumen, Rumah Makan, Cut Mutia, Kota Palu.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Peternakan dan Perikanan > Peternakan |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136068 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |