PROBLEMATIKA GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 BARAS

MUH.INDRAWAN.S (2022) PROBLEMATIKA GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 BARAS. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Muh. Indrawan .S., 2022, Problematika Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Baras. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing :Dr. Suyuti, M.Pd.Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan problematika guru mengelola kelas di SMA Negeri 1 Baras,Meliputi bagaimana menciptakan iklim belajar yang tepat,mengaturruangan belajar,dan mengelola intiraksi kegiatan belajr mengajar. Penelitian inimerupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif.Subjek dalam penelitian iniadalah guru Sejarah.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metodeobservasi, wawancara dan dokumentasi.Instrumen penelitian yang digunakanpedoman observasi dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan adalahreduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Teknik keabsahan datamenggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Hasil penelitianmenunjukkan bahwa dalam melaksanakan pengelolaan kelas oleh guru sejarah 1)menciptakan iklim belajar yang tepat guru lebih cenderung pada penekanan hal positif. 2) pengaturan ruang belajar guru cenderung hanya merubah format tempat duduk per dua bulan sekali. 3) mengelola interaksi kegiatan belajar mengajar cenderung terlihat saat guru melakukan kegiatan membuka dan menutup pelajaran.Kata kunci :Mengelola Kelas, Problematika Guru, Iklim bel

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136135
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item