PROFIL BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN INTROVERT DAN EXTROVERT

WINDAWATI (2021) PROFIL BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN INTROVERT DAN EXTROVERT. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyelesaian soal cerita
pecahan siswa kelas VII SMP Negeri 4 Palu ditinjau dari tipe kepribadian
introvert dan extrovert. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif kualitatif berdasarkan indikator berpikir kreatif. Subjek
dalam penelitian ini terdiri dari satu siswa kepribadian introver, dan satu siswa
kepribadian ekstrover.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Profi berpikir kreatif
siswa dalam menyelesaikan soal cerita pecahan dengan tipe kepribadian introvert
(subjek UA) diperoleh informasi bahwa UA saat membacakan soal beulang-ulang
dan memahami soal sangatlah lama agar dipahami, UA memberikan satu cara
penyelesaian soal secara umum diketahui oleh orang lain, UA tidak mampu
menghasilkan gagasan yang seragam dan arah pemikiran yang berbeda, UA tidak
bisa memberikan cara penyelesaian yang tidak lazim yang jarang diberikan
kebanyakan orang, UA tidak mampu mengembangkan, menambah, memperkaya
suatu gagasan tetapi menyelesaikan soal secara detail dan dapat dimengerti oleh orang
lain. (2) Profi berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal cerita pecahan dengan
tipe kepribadian ekstrovert (subjek BF) dipeoleh informasi bahwa BF membaca soal
sebanyak 2 kali sehingga dapat memahaminya, BF mampu memberikan cara
penyelesaian soal lebih dari satu yaitu tiga cara penyelesaian berdasarkan soal yang
diberikan oleh peneliti, BF tidak mampu menghasilkan gagasan yang seragam tetapi
BF mampu mengarahkan pemikirannya dengan mengidentifikasikan soal setelah
membacanya, BF tidak bisa memberikan jawaban yang tidak lazim atau yang jarang
diberikan oleh orang lain karena BF mengatakan bahwa cara penyelesaian yang
digunakannya merupakan cara penyelesaian yang pernah guru ajarkan dikelas,
BF tidak mampu mengembangkan, menambahkan, memperluas suatu gagasan tetapi
BF mampu penyelesaian soal secara detail dan dapat dimengerti oleh oang lain.
Kata Kunci: Profil Berpikir Kreatif, Kepribadian Introver dan Ekstrover, dan Pecahan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136254
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item