Profil Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change And Relationship Di Kelas VIII MTsN 2 Kota Palu

FARAH RAHMAYANTI (2023) Profil Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change And Relationship Di Kelas VIII MTsN 2 Kota Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan memprofilkan berpikir kritis siswa yang berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship di kelas VIII MTsN 2 Kota Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Palu yang berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Metode pengumpulan data melalui tugas tertulis dan wawancara dengan menggunakan tahap teknik analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) berpikir kritis siswa yang berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship yaitu merencanakan dan melakukan eksperimen dengan investigasi yang baik, mengembangkan dan mempertahankan tindakan dalam menyelesaikan soal dengan menggunakan rumus, berpikiran terbuka dan memperhatikan alternatif lain untuk menyelesaikan soal, mendefinisikan istilah dengan cara yang sesuai konteksnya, mengidentifikasi alasan, asumsi dan kesimpulan dalam penyelesaian soal, menarik kesimpulan dari penyelesaian soal secara lisan dan tertulis, menjalin interaksi dengan orang lain untuk memperoleh informasi yang tidak dimengerti serta mengevaluasi hasil pekerjaannya. 2) Berpikir kritis siswa yang berkemampuan matematika sedang dapat menyelesaikan soal PISA konten change and relationship yaitu mengembangkan dan mempertahankan tindakan dalam menyelesaikan soal dengan menggunakan rumus, berpikiran terbuka dan memperhatikan alternatif lain untuk menyelesaikan soal, mendefinisikan istilah dengan cara yang sesuai konteksnya, mengidentifikasi alasan, asumsi dan kesimpulan dalam penyelesaian soal, menarik kesimpulan dari penyelesaian soal secara lisan, serta mengevaluasi hasil pekerjaannya. 3) Berpikir kritis siswa yang berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship yaitu mengembangkan dan mempertahankan tindakan dalam menyelesaikan soal dengan menggunakan rumus, mengidentifikasi alasan dan asumsi dalam penyelesaian soal, serta mengevaluasi hasil pekerjaannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136261
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item