NURUL HIDAYATUL LAILIYAH (2024) PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII MTs AL-KHAIRAAT BULURI DALAM MEMECAHKAN MASALAH SOAL CERITA PADA MATERI BILANGAN BULAT. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang profil berpikir kritis
siswa kelas VIII A MTs Al-Khairaat Buluri dalam memecahkan masalah soal cerita
pada bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas
VIII A yang terdiri dari satu orang siswa berkemampuan tinggi, satu orang siswa
berkemampuan sedang dan satu orang siswa berkemampuan rendah. Data
dikumpulkan melalui ter tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian,
analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan profil berpikir kritis siswa
kelas VIII MTs Al-Khairaat Buluri dalam memecahkan masalah soal cerita pada
bilangan bulat, peneliti menarik kesimpulan bahwa, profil berpikir kritis siswa yang
tinggi memenuhi kriteria berpikir kritis FRISCO. Pada focus yaitu siswa mampu
mengidentifikasi informasi dan permasalahan pada soal, pada reason yaitu siswa
memberikan alasan-alasan yang logis, pada inference yaitu siswa menarik
kesimpulan yang cocok dengan permasalahan disertai dengan alasan yang logis,
pada situation yaitu siswa menggunakan semua informasi-informasi yang ada
sesuai pada permasalahan, pada clarity yaitu siswa mampu menjelaskan istilahistilah yang digunakan dalam memecahkan masalah dan pada overview siswa
memeriksa kembali secara menyeluruh langkah-langkah pengerjaan hingga
jawaban akhir, profil berpikir kritis siswa yang sedang tidak memenuhi keseluruhan
kriteria berpikir kritis FRISCO, siswa hanya memenuhi focus, reason, situation,
clarity dan overview. Pada focus yaitu siswa mampu mengidentifikasi informasi
dan permasalahan pada soal, pada reason yaitu siswa memberikan alasan-alasan
yang logis namun cenderung singkat, pada situation yaitu siswa menggunakan
semua informasi yang ada sesuai dengan permasalahan, pada clarity yaitu siswa
mampu menjelaskan istilah-istilah yang digunakan dalam memecahkan masalah
dan dalam overview yaitu siswa memeriksa kembali langkah-langkah pengerjaan,
profil berpikir kritis siswa yang rendah tidak mampu memenuhi keseluruhan
kriteria berpikir kritis FRISCO, siswa hanya memenuhi focus dan clarity.
Kata Kunci : Profil Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Bilangan Bulat
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136266 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |