ESKE VINEKE POKONDA (2022) Profil Gaya Kognitif Siswa Kelas VII SMP Katolik Palu Pada Pemecahan Masalah Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
EskeVineke, 2019. Profil Gaya Kognitif Siswa Kelas VII SMP Katolik Palu Pada
Pemecahan Masalah Pertidaksamaan Linear SatuVariabel. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan
Alam, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Abd Hamid. (II) Linawati.
Penelitian ini bertujuan untuk Profil Gaya Kognitif Siswa Kelas VII SMP Katolik
Palu Pada Pemecahan Masalah Pertidaksamaan Linear Satu Variabel berdasarkan
langkah-langkah Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Katolik Palu. Pemilihan subjek dalam
penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes gaya kognitif di kelas VII SMP
Katolik Palu. Tes pengklasifikasian gaya kognitif yang digunakan adalah Group
Embedded Figure Test (GEFT) yang dikembangkan oleh Witkin. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1) Tes gaya kognitif
dengan menggunakan Group Embedded Figure Test (GEFT) dan 2) Tes masalah
PtLSV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Profil pemecahan masalah siswa
field independent pada tahap memahami masalah yaitu: dengan cara membaca
masalah berulang-ulang, setelah membaca masalah berulang-ulang barulah subjek
dapat mengidentifikasi informasi-informasi yang diketahui dan ditanyakan. 2) Profil
pemecahan masalah siswa field independent pada tahap membuat rencana
pemecahan masalah yaitu: mampu membuat hubungan antara informasi yang ada
dengan masalah yang ditanyakan dengan mengaikatkan pengetahuan dan
pengalaman yang telah dipelajari sebelumnya. Sehingga mampu membuat
perencanaan pemecahan masalah yang diberikan dengan baik. 3) Profil
pemecahan masalah subjek field independent pada tahap melaksanakan rencana
pemecahan masalah yaitu subjek dengan gaya kognitif field independent dapat
menerapkan rencana yang telah dibuat selanjutnya melaksanakan rencana dengan
menggunakan konsep yang telah dipelajari sebelumnya. 4) Profil pemecahan
masalah siswa field independent pada tahap memeriksa kembali yaitu: subjek
memeriksa kembali langkah demi langkah hasil pekerjaan dan meyakini kebenaran
jawabannya denga nmelakukan perhitungan kembali. 5) Profil pemecahan masalah
siswa field dependent pada tahap memahami masalah yaitu: subjek yang memiliki
gaya kognitif field dependent untuk memahami masalah dengan cara membaca
masalah berulang-ulang dan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam memahami
masalah. 6) Profil pemecahan masalah siswa field dependent pada tahap membuat
rencana pemecahan masalah yaitu: subjek kurang tepat dalam membuat rencana
penyelesaian. 7) Profil pemecahan masalah subjek field dependent pada tahap
melaksanakan rencana pemecahan masalah yaitu subjek mengalami kesulitan
dalam menerapkan rencana yang telah dibuat sebelumnya sehingga menambahkan
beberapa strategi untuk dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi. 8) Profil
pemecahan masalah siswa field dependent pada tahap memeriksa kembali yaitu:
subjek tidak melakukan pengecekan kembali hasil pekerjaan sehingga tidak
menyadari kesalahan dalam mengerjakan.
Kata Kunci: Profil, Pemecahan Masalah, PtLSV, Gaya Kognitif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136285 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |