NISWANA (2023) PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 DONDO DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV). Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan berpikir
reflektif matematis siswa dalam menyelesaikan sistem persamaan linear dua
variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian
ini adalah tiga siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Dondo yang masing-masing
terdiri dari satu siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah.
Data kemampuan berpikir reflektif siswa diperoleh dari hasil tugas tertulis dan
wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Profil kemampuan
berpikir reflektif matematis siswakemampuan matematika tinggipada fase
reacting dapat menuliskan dan menjelaskan apa yang diketahui dan apa yang
ditanyakan dalam soal. Untuk indikator fase comparing menuliskan dan
menjelaskan strategi dalam menjawab soal dengan menggunakan metode
gabungan dengan benar dan tepat, mampu memberikan penjelasan terkait masalah
yang ditanyakan dengan masalah yang pernah dihadapi sebelumnya. Pada fase
contemplating mampu menuliskan dan menjelaskan informasi yang diketahui
dengan kata-kata atau teks tertulis. (2) Profil kemampuan berpikir reflektif
matematis siswakemampuan matematika sedang untuk indikator fase reacting
menuliskan apa yang diketahui dalam soal, dan menuliskan apa yang ditanyakan.
Pada fase comparing dapat menyelesaikan soal dengan menggunakan metode
gabungan, Subjek mengungkapkan dan menjelaskan hubungan atau kaitan antara
masalah yang pernah dihadapi sebelumnya dengan masalah yang ditanyakan.
Pada fase contemplating mampu menjelaskan langkah-langkah penyelesaian soal
menggunakan metode gabungan serta menyimpulkan jawaban yang diperoleh
dengan kata- kata atau teks tertulis. (3) Profil kemampuan berpikir reflektif
matematis siswakemampuan matematika rendahpada indikator fase reactingdapat
menuliskan dan menjelaskan apa yang diketahui dalam soal, dan dapat
menuliskan apa yang ditanyakan.Pada indikator fase comparingtidak dapat
menuliskan dan menjelaskan langkah selanjutnya. Pada indikator fase
contemplatingtidak memberikan kesimpulan secara lisan maupun tulisan karena
sudah tidak mengingat cara kerjanya.
Kata kunci : Profil, Berpikir Reflektif , Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136295 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |