PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI GENDER DI KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PALU

DILLA AULIA SAFITRI (2022) PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI GENDER DI KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dilla Aulia Safitri. 2021. Profil Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear Ditinjau dari Gender di Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. H. Nurhayadi. M,Si.
Penelitian ini bertujuan untuk memeperoleh gambaran kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan masalah program linear ditinjau dari gender di Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Palu khususnya pada kelas X jurusan Farmasi, terdiri atas 2 orang yakni 1 orang siswa bergender laki-laki (maskulinitas) berkemampuan tinggi dan 1 orang siswa bergender perempuan (feminitas) berkemampuan tinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan komunikasi matematis subjek bergender laki-laki berkemampuan tinggi meliputi: mampu memahami ide-ide matematika secara lisan maupu tulisan, mampu menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika dan struktur-strukturnya untuk menyajikan suatu ide, mampu menginterpretasikan ide-ide matematika melalui lisan dan tulisan dengan grafik, diagram, serta simbol-simbol, serta mampu mengevaluasi ide-ide matematika secara lisan tetapi masih kurang mampu mengevaluasi ide-ide matematika secara tulisan. (2) kemampuan komunikasi matematis subjek bergender perempuan berkemampuan tinggi meliputi: mampu memahami ide-ide matematika baik secara lisan maupun tulisan, mampu menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika serta struktur-strukturnya untuk menyajikan suatu ide, mampu menginterpretasikan ide-ide matematika melalui lisan maupun tulisan dengan grafik, diagram serta simbol-simbol, serta mampu mengevaluasi ide-ide matematika baik secara lisan maupun tulisan.
Kata Kunci: Profil Kemampuan Komunikasi Matematis, Program Linear, Gender.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136298
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item