Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII MTs Al-khairaat Tondo Pada Materi Relasi Dan Fungsi Ditinjau Dari Self-Confidence

RISNA AMELIA (2024) Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII MTs Al-khairaat Tondo Pada Materi Relasi Dan Fungsi Ditinjau Dari Self-Confidence. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Risna Amelia, 2024. “Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas
VII MTs Al-Khairaat Tondo Pada Materi Relasi dan Fungsi Ditinjau Dari Self-Confidence”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Alfisyahra S.Pd., M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi profil kemampuan
komunikasi matematis siswa kelas VII MTs Al-khairaat Tondo pada materi relasi
dan fungsi ditinjau dari self-confidence. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa
dari 17 siswa kelas VII A MTs Al-khairaat Tondo yaitu siswa yang masing-masing
memiliki tingkat self-confidence tinggi, sedang, dan rendah. Data dikumpulkan
dengan metode angket, tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa subjek yang memiliki self-confidence tinggi (RS) menuliskan
informasi yang diketahui dan informasi yang ditanyakan dengan lengkap, dan
subjek menggunakan simbol matematika dalam menuliskan informasi yang
diketahui, kemudian subjek menggambarkan diagram panah dan koordinat
kartesius yang sesuai dengan soal dan subjek juga menuliskan dan menjelaskan
keterangan yang ada pada gambar secara lengkap, serta menuliskan dan
menjelaskan kesimpulan jawaban diakhir penyelesaian soal dan
mengkomunikasikan kesimpulan jawaban baik secara lisan maupun tulisan. subjek
yang memiliki self-confidence sedang (SM) menuliskan informasi yang diketahui
dan informasi yang ditanyakan dengan lengkap, dan subjek menggunakan simbol
matematika dalam menuliskan informasi yang diketahui, kemudian subjek
menggambarkan diagram panah dan koordinat kartesius yang sesuai dengan soal
dan subjek juga menuliskan dan menjelaskan keterangan yang ada pada gambar
secara lengkap, namun belum mampu menuliskan kesimpulan jawaban diakhir
penyelesaian soal. subjek yang memiliki self-confidence rendah (NW) belum
mampu menuliskan informasi yang diketahui dan informasi yang ditanyakan
dengan lengkap, kemudian subjek menggambarkan diagram panah dan koordinat
kartesius yang sesuai dengan soal dan subjek juga menuliskan dan menjelaskan
keterangan yang ada pada gambar secara lengkap, namun belum dapat menuliskan
kesimpulan jawaban diakhir penyelesaian soal.

Kata kunci : Kemampuan komunikasi matematis, relasi dan fungsi, self-
Confidence

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136306
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item