Profil Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Katolik Santo Andreas Palu Pada Subpokok Bahasan Persamaan Trigonometri Berdasarkan Kemampuan Matematika

CRISTOVEL WUNTO (2023) Profil Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Katolik Santo Andreas Palu Pada Subpokok Bahasan Persamaan Trigonometri Berdasarkan Kemampuan Matematika. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memprofilkan kemampuan koneksi matematis siswa pada subpokok bahasan persamaan trigonometri berdasarkan kemampuan matematika. Desain penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan pada siswa SMA Katolik Santo Andreas Palu. Instrumen yang digunakan berupa tugas tertulis tentang persamaan trigonometri dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa berkemampuan tinggi terjadi cukup baik, yaitu mampu melakukan setiap kategori koneksi matematis dengan baik" Pada kategori pemodelan, siswa mampu mengidentifikasi informasi dan mampu mencari hubungan antara soal yang sedang diberikan dengan pengetahuan yang telah dimilikinya dengan sangat baik, sedangkan pada kategori koneksi konsep siswa mampu menghubungan konsep persamaan trigonometri cos x=cos ? dengan soal yang diberikan namun siswa tidak paham dengan baik konsep-konsep yang ada dalam menyelesaikan soal dan melakukan kesalahan prosedural terhadap konsep yang dikaitkan dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri dan tidak dapat menuliskan jawaban yang tepat dari apa yang ditanyakan pada soal. Kemampuan koneksi matematis siswa kelompok kemampuan sedang cenderung mengalami hambatan pada beberapa kategori koneksi matematis namun dapat mengatasi hambatan tersebut, siswa tidak paham dengan baik konsep-konsep yang ada dalam menyelesaikan soal yang diberikan dan melakukan kesalahan prosedural terhadap konsep yang dikaitkan dalam menyelesaikan soal persamaan trigonometri, sedangkan kemampuan koneksi matematis siswa berkemampuan matematika rendah tidak dapat menggunakan semua infromasi yang ada dalam soal, belum mampu membuat model matematis dari tugas tertulis yang diberikan, sehingga terjadi kesalahan dalam menghubungkan dengan koneksi konsep dan prosedur. Akibatnya diperoleh jawaban yang tidak relevan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136322
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item