Profil Kemampuan Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pamona Barat Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin

HENDRIK GUNAWAN BARETHA (2022) Profil Kemampuan Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pamona Barat Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hendrik Gunawan Baretha, 2021. Profil Kemampuan Menyelesaikan Soal Operasi
Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pamona Barat Ditinjau
Dari Perbedaan Jenis Kelamin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika,
Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako, Pembimbing Sutji Rochaminah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan
menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat siswa kelas VII SMP Negeri 1
Pamona Barat berdasarkan jenis kelamin. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dua orang siswa kelas VII B SMP Negeri 1
Pamona Barat pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Dua orang siswa
yang dipilih sebagai subjek penelitian terdiri dari satu siswa laki-laki dan satu
siswa perempuan berkemampuan matematika tinggi. Data dikumpulkan dengan
cara metode tes dan wawancara. Hasil penelitian ini antara lain, siswa perempuan
dapat mengidentifikasi tentang informasi yang diketahui dan ditanyakan dari tugas
yang diberikan. Kemudian membuat pemisalan terlebih dahulu dan membuat
model matematika dalam bentuk operasi hitung dan ingin menyelesaikannya
dengan menggunakan metode penjumlahan dan pengurangan. Kemudian untuk
membuktikan jawabannya subjek menggunakan cara yang lain dimana cara yang
digunakan yaitu metode garis bilangan, sedangkan siswa laki-laki dapat
mengidentifikasi tentang informasi yang diketahui dan ditanyakan dari tugas yang
diberikan. Kemudian membuat pemisalan terlebih dahulu dan membuat model
matematika dalam bentuk operasi hitung dan ingin menyelesaikannya dengan
menggunakan metode penjumlahan dan pengurangan, dan tidak melakukan
pembuktian karena sudah yakin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136328
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item