Profil Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi Ditinjau Dari Gaya Belajar Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sigi

ULFA (2024) Profil Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi Ditinjau Dari Gaya Belajar Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sigi. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh diskripsi kemampuan
pemahaman konsep siswa yang bergaya belajar visual, auditorial dan kinestetik
pada materi limit fungsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif,
dilaksanakan di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sigi. Penelitian ini menggunakan
metode pemberian tes dan wawancara yang dilakukan 2 kali di waktu yang
berbeda. Subjek penelitian adalah 3 siswa dari 21 siswa yang dikelompokkan
berdasarkan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah 1) siswa bergaya belajar visual (GV) memenuhi 4
indikator pemahaman konsep yaitu menyatakan ulang konsep limit fungsi dengan
bahasanya sendiri, memberikan contoh dan non contoh yaitu memberikan contoh
fungsi yang memiliki nilai limit dan contoh fungsi yang tidak memiliki nilai limit,
menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis yaitu
menyajikan konsep limit dalam bentuk tabel dan gambar, serta menggunakan,
memanfaatkan dan memilih metode tertentu dalam menyelesaikan tes limit fungsi.
Ciri-ciri dan karakteristik siswa bergaya belajar visual yaitu mengerjakan soal
dengan teliti, mengulang-ulang pengerjaanya hingga mendapatkan jawaban yang
diinginkan; 2) siswa bergaya belajar auditorial (GA) memenuhi 3 indikator yaitu
menyatakan ulang konsep limit fungsi dengan bahasanya sendiri, menyajikan
konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis yaitu menyajikan konsep
limit dalam bentuk tabel, dan gambar serta menggunakan, memanfaatkan dan
memilih metode tertentu dalam menyelesaikan tes limit fungsi. Ciri-ciri dan
karakteristik siswa bergaya belajar auditorial yaitu membaca soal dengan
mengulang-ulang dengan suara keras; 3) siswa bergaya belajar kinestetik (GK)
hanya memenuhi 2 indikator yaitu menyatakan ulang konsep limit fungsi dengan
bahasanya sendiri dan menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi
matematis yaitu menyajikan konsep limit dalam bentuk tabel dan gambar. Ciri-ciri
dan karakteristik siswa bergaya belajar kinestetik yaitu membaca soal menunjuk
dengan jari.
Kata Kunci: Profil Kemampuan pemahaman konsep, limit fungsi, gaya belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136331
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item