Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menentukan Untung Dan Rugi Berdasarkan Kemampuan Matematika Pada Kelas VIII SMP Negeri 9 Palu

DERMA SRI REJEKI (2022) Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menentukan Untung Dan Rugi Berdasarkan Kemampuan Matematika Pada Kelas VIII SMP Negeri 9 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Derma Sri Rejeki. 2021. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menentukan Untung dan Rugi Berdasarkan Kemampuan Matematika pada Kelas VIII SMP Negeri 9 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tadulako. Pembimbing Muh. Hasbi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menentukan untung dan rugi berdasarkan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah pada kelas VIIIF SMP Negeri 9 Palu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang didasarkan pada langkah pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak tiga siswa yaitu siswa berkemampuan tinggi (CNF), siswa berkemampuan sedang (AFI), siswa berkemampuan rendah (MAR).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil kemampuan pemecahan masalah CNF, AFI, dan MAR dalam menentukan untung dan rugi adalah sebagai berikut (1) Tahap memahami masalah subjek CNF, subjek AFI, dan subjek MAR memahami masalah yang diberikan dengan melakukan pembacaan berulang. Subjek CNF dan subjek AFI dapat mengidentifikasi informasi yang diketahui secara baik, tetapi subjek MAR memerlukan waktu mengidentifikasi informasi-informasi yang diketahui dan ditanyakan dari masalah yang diberikan, (2) Tahap membuat rencana pemecahan masalah subjek CNF dan subjek AFI memiliki gambaran dan strategi rencana yang jelas dalam merencanakan penyelesaian, sedangkan subjek MAR memiliki gambaran dan strategi rencana yang kurang jelas, (3) Tahap melaksanakan rencana pemeahan masalah subjek CNF dan subjek AFI melaksanakan rencana sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya dan memperoleh penyelesaian yang tepat, sedangkan subjek MAR melaksanakan rencana sesuai dengan yang telah ia rencanakan sebelumnya sehingga tidak menemukan penyelesaian, (4) Tahap memeriksa kembali subjek CNF memeriksa kembali jawaban dengan melakukan pengecekan ketepatan semua informasi kemudian melakukan perhitungan kembali dengan teliti saat mengerjakan dan setelah mengerjakan masalah, sedangkan subjek AFI dan MAR tidak melakukan pemeriksaan kembali jawaban.

Kata kunci : Profil kemampuan, pemecahan masalah, untung dan rugi, kemampuan matematika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136334
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item