PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PALU PADA PENGGUNAAN TEOREMA PYTHAGORAS

I NYOMAN WIDIANA (2020) PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PALU PADA PENGGUNAAN TEOREMA PYTHAGORAS. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Widiana, I Nyoman. 2020. Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Palu pada Penggunaan Teorema Pythagoras. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Dasa Ismaimuza, M.Si.
Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Teorema Pythagoras
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palu Pada Penggunaan Teorema Pythagoras. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan 3 orang subjek kemampuan tinggi, sedang dan rendah berturut-turut GKS, RAM dan GGT. Hasil penelitian menunjukkan semua subjek menyatakan pernyataan matematika dalam bentuk tulisan, gambar dan secara lisan dengan baik, GKS menyatakan pernyataan matematika secara tertulis dalam bentuk kalimat sedangkan RAM dan GGT dalam poin-poin singkat, GKS dan RAM menyatakan pernyataan matematika dalam bentuk gambar sketsa sedangkan GGT dalam bidang Cartesius. Semua subjek dapat mengajukan dugaan dengan baik. GKS dan RAM melakukan manipulasi pada gambar dengan menggambar garis bantu untuk membentuk segitiga siku-siku dengan baik, sedangkan manipulasi gambar oleh GGT tidak tepat. GKS dan RAM menyusun pembuktian dengan lengkap dan melakukan perhitungan dengan benar, sementara GGT tidak melakukan perhitungan sama sekali, hanya menebak saja. Semua subjek dapat menarik kesimpulan dengan benar dan sesuai dengan apa yang ditanyakan dalam soal dan ketiga subjek memeriksa kembali jawabannya. GKS dan RAM membuat generalisasi dengan baik pada saat menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku yang dibuat dan pada saat menarik kesimpulan dengan baik, sementara GGT hanya membuat generalisasi pada saat menarik kesimpulan saja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136341
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item