PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI HIMPUNAN DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

MUHAMAD ASFAR R. (2023) PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI HIMPUNAN DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi atau gambaran mengenai kemampuan penalaran siswa kelas VII SMP Negeri 5 Palu dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan ditinjau dari jenis kelamin. Subjek dalam penelitian ini yaitu dua orang siswa kelas VII D SMP Negeri 5 Palu tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari masing-masing satu orang siswa dengan jenis kelamin laki-laki dan satu orang siswa dengan jenis kelamin perempuan. Data tentang penalaran siswa diperoleh dengan tugas tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Profil siswa berjenis kelamin laki-laki yaitu subjek mampu dalam menganalisis situasi matematika, mampu dalam merencanakan proses penyelesaiannya, kurang mampu dalam memecahkan persoalan dengan langkah yang sistematis, serta subjek mampu dalam menarik kesimpulan yang logis. (2) Profil siswa berjenis kelamin perempuan dalam menyelesaikan soal cerita himpunan pada indikator menganalisis situasi matematika, subjek mampu dalam menganalisis situasi matematika, mampu dalam merencanakan proses penyelesaiannya, cukup mampu dalam memecahkan persoalan dengan langkah yang sistematis, serta subjek mampu dalam menarik kesimpulan yang logis.
Kata Kunci: Profil, Penalaran, Himpunan, Jenis Kelamin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136345
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item