PROFIL PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 DAMPELAS DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI LEVEL BERPIKIR VAN HIELE

PUTRI VASRA HANDAYANI (2024) PROFIL PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 DAMPELAS DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI LEVEL BERPIKIR VAN HIELE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemahaman konsep siswa perlu untuk diprofilkan agar guru dapat
mengetahui seperti apa gambaran dari pemahaman konsep matematika yang
dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi pemahaman
konsep siswa kelas IX SMP Negeri 3 Dampelas dalammenyelesaikan persamaan
logaritma ditinjau dari level berpikir van hiele. Data dikumpulkan melalui tes
tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan pemahaman konsep MT
dalam menngidentifikasi contoh dan bukan contoh, yaitu dapat membedakan
mana yang termasuk contoh kubus dan mana yang bukan contoh kubus;
Pemahaman konsep HN dalam menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari
yaitu kubus merupakan bangun ruang yang semua sisinya berbentuk persegi dan
memiliki ukuran yang sama, mengidentifikasi contoh dan bukan contoh yaitu
mampu menjelaskan mana yang termasuk contoh kubus dan mana yang bukan
contoh kubus, mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan
konsepnya yaitu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan serta langkahlangkah untuk mencari volume kubus namun idak menyelesaikan secara
algoritma; Pemahaman konsep SC dalam menyatakan ulang konsep yang telah
dipelajari yaitu menjelaskan bahwa kubus adalaha bangun ruang yang memiliki
ukuran sisi yang sama serta setiap sisinya berbentuk persegi, mengidentifikasi
contoh dan bukan contoh yaitu dapat menjelaskan mana yang termasuk contoh
kubus dan mana yang bukan contoh kubus, mengklasifikasikan objek menurut
sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsenya yaitu dapat menuliskan apa yan
diketahui dan ditanyakan serta dapat menuliskan langkah mencari volume, dan
menyelesaikannya secara algoritma.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136474
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item