PROFIL PEMECAHAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 18 MODEL SPMI PALU DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

ASMINI (2022) PROFIL PEMECAHAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 18 MODEL SPMI PALU DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Asmini. 2021. Profil Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Kelas VIII SMP Negeri 18 Model SPMI Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tadulako. Pembimbing: Drs. Muh. Hasbi, M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang Profil Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Kelas VIIIA SMP Negeri 18 Model SPMI Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 18 Model SPMI Palu yang terdiri dari 3 orang yaitu siswa yang berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah yang dipilih berdasarkan nilai raport matematika pada semester genap 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tugas dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang berkemampuan matematika tinggi dapat memenuhi semua indikator langkah pemecahan masalah Polya yaitu tahap memahami masalah, membuat rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemcahan masalah, dan memeriksa kembali jawaban. Siswa yang berkemampuan matematika sedang memenuhi indikator langkah pemecahan masalah Polya yaitu tahap memahami masalah, membuat rencana pemecahan masalah, dan melaksanankan rencana pemecahan masalah, memeriksa kembali jawaban, akan tetapi pada tahap memeriksa kembali jawaban siswa tidak dapat memeriksa kembali jawabannya namun dapat menarik kesimpulan berdasarkan jawaban yang diperoleh dengan hasil akhir yang tepat. Siswa yang berkemampuan matematika rendah dapat memenuhi indikator pemecahan masalah Polya yaitu pada tahap memahami masalah dan membuat rencana pemecahan masalah, pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah subjek tidak dapat memperoleh hasil akhir yang tepat hal ini disebabkan oleh rencana yang dibuat kurang tepat, sedangkan pada tahap memeriksa kembali jawaban subjek tidak dapat memeriksa kembali jawabannya namun dapat menarik kesimpulan berdasarkan jawaban yang diperoleh dengan hasil akhir yang salah.

Kata kunci: Profil pemecahan masalah, langkah polya, aritmatika sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136501
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item