DEWI ANGRIANI (2020) PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP DITINJAU DARI EFIKASI DIRI DAN GENDER. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan deskripsi tentang profil pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Al-Azhar Palu ditinjau dari efikasi diri dan gender berdasarkan langkah pemecahan masalah oleh Polya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al-Azhar Palu yang memiliki efikasi diri dalam aspek magnitude, strength dan generality berdasarkan gender. Hasil penelitian ini adalah: a) Tahap memahami masalah oleh subjek laki-laki dan perempuan yang mewakili aspek magnitude dengan berusaha keras membaca, penuh konsentrasi untuk menafsirkan informasi dengan cara berulang-ulang dalam membaca masalah yang diberikan; menyusun rencana dengan berfikir keras dalam melakukan upaya menerapkan pengalaman dan pengetahuan sebelumnya; Subjek berusaha dan memiliki keyakinan dalam melaksanakan pemecahan masalah; merasa yakin terhadap hasil yang diperoleh dengan memeriksa kembali hasil jawaban. Hal ini dapat dilakukan karena subjek laki-laki dan perempuan memiliki efikasi diri pada aspek magnitude akan berusaha keras dan melakukan upaya yang diyakininya mampu dilakukan untuk memecahkan masalah. b) Tahap memahami masalah oleh subjek laki-laki dan perempuan yang mewakili aspek stranght dengan berfikir keras, berusaha sekuat mungkin untuk dapat mengidentifikasi informasi yang ada pada masalah dengan cara berulang-ulang membaca masalah; melakukan upaya yang yang dirasakannya mampu dalam memecahkan masalah dengan menyusun rencana berdasarkan pegetahuan yang dimiliki sebelumnya; tidak mempunyai keraguan tentang kemampuan yang dimilikinya bahkan tidak menyerah dalam melaksanakan pemecahan masalah; merasa yakin dengan penyelesaian yang dilakukannya dalam memecahkan masalah dengan cara memeriksa kembali hasil jawaban. Hal ini dapat dilakukan karena subjek subjek laki-laki dan perempuan pada aspek stranght mampu bertahan dan memiliki keyakinan diri yang tinggi dalam mengatasi masalah.c) Tahap memahami masalah oleh subjek laki-laki dan perempuan yang mewakili aspek generality dengan berulang-ulang membaca penuh konsentrasi dan berfikir keras untuk dapat menidentifikasi informasi; berusaha keras dalam membuat rencana dengan menerapkan pengalaman dan pengetahuan sebelumnya; subjek yakin dengan upaya yang dilakukan dalam melaksanakan pemecahan masalah dengan menerapkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya; dalam memeriksa kembali subjek yakin pada hasil yang didapatkannya berdasarkan pengalaman sebelumnya. Hal ini dapat dilakukan karena subjek subjek laki-laki dan perempuan pada aspek generality tidak
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined]) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Matematika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136526 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |