PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP DITINJAU DARI EFIKASI DIRI DAN GENDER

DEWI ANGRIANI (2020) PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP DITINJAU DARI EFIKASI DIRI DAN GENDER. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan deskripsi tentang profil pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Al-Azhar Palu ditinjau dari efikasi diri dan gender berdasarkan langkah pemecahan masalah oleh Polya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al-Azhar Palu yang memiliki efikasi diri dalam aspek magnitude, strength dan generality berdasarkan gender. Hasil penelitian ini adalah: a) Tahap memahami masalah oleh subjek laki-laki dan perempuan yang mewakili aspek magnitude dengan berusaha keras membaca, penuh konsentrasi untuk menafsirkan informasi dengan cara berulang-ulang dalam membaca masalah yang diberikan; menyusun rencana dengan berfikir keras dalam melakukan upaya menerapkan pengalaman dan pengetahuan sebelumnya; Subjek berusaha dan memiliki keyakinan dalam melaksanakan pemecahan masalah; merasa yakin terhadap hasil yang diperoleh dengan memeriksa kembali hasil jawaban. Hal ini dapat dilakukan karena subjek laki-laki dan perempuan memiliki efikasi diri pada aspek magnitude akan berusaha keras dan melakukan upaya yang diyakininya mampu dilakukan untuk memecahkan masalah. b) Tahap memahami masalah oleh subjek laki-laki dan perempuan yang mewakili aspek stranght dengan berfikir keras, berusaha sekuat mungkin untuk dapat mengidentifikasi informasi yang ada pada masalah dengan cara berulang-ulang membaca masalah; melakukan upaya yang yang dirasakannya mampu dalam memecahkan masalah dengan menyusun rencana berdasarkan pegetahuan yang dimiliki sebelumnya; tidak mempunyai keraguan tentang kemampuan yang dimilikinya bahkan tidak menyerah dalam melaksanakan pemecahan masalah; merasa yakin dengan penyelesaian yang dilakukannya dalam memecahkan masalah dengan cara memeriksa kembali hasil jawaban. Hal ini dapat dilakukan karena subjek subjek laki-laki dan perempuan pada aspek stranght mampu bertahan dan memiliki keyakinan diri yang tinggi dalam mengatasi masalah.c) Tahap memahami masalah oleh subjek laki-laki dan perempuan yang mewakili aspek generality dengan berulang-ulang membaca penuh konsentrasi dan berfikir keras untuk dapat menidentifikasi informasi; berusaha keras dalam membuat rencana dengan menerapkan pengalaman dan pengetahuan sebelumnya; subjek yakin dengan upaya yang dilakukan dalam melaksanakan pemecahan masalah dengan menerapkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya; dalam memeriksa kembali subjek yakin pada hasil yang didapatkannya berdasarkan pengalaman sebelumnya. Hal ini dapat dilakukan karena subjek subjek laki-laki dan perempuan pada aspek generality tidak

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136526
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item