PROFIL PEMECAHAN MASALAH OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS V SDN 7 PALU DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

YOGI PRATAMA ADHIATMIKHA (2021) PROFIL PEMECAHAN MASALAH OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS V SDN 7 PALU DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Yogi Pratama, 2020. Profil Pemecahan Masalah Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas V SDN 7 Palu Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Pembimbing (1) Akina
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemecahan masalah siswa kelas V SDN 7 Palu dalam menyelesaikan masalah operasi hitung bilangan pecahan ditinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang didasarkan pada langkah pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya. Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek berkemampuan tinggi, kemampuan sedang dan kemampuan rendah dalam memecahkan masalah operasi hitung bilangan pecahan adalah sebagai berikut: 1) tahap memahami masalah subjek kemampuan tinggi, kemampuan sedang dan kemampuan rendah sama-sama melakukan pembacaan secara berulang, serta menggunakan pengetahuannya untuk menemukan mana yang diketahui dan mana yang ditanyakan, 2) tahap membuat rencana pemecahan masalah kemampuan tinggi dan sedang sama-sama memiliki rencana pemecahan masalah dengan cara menjumlahkan dan mengurangkan pecahan, sedangkan subjek kemampuan rendah memiliki rencana pemecahan masalah dengan cara menjumlahkan pecahan. 3) tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah subjek kemampuan tinggi dan kemampuan sedang dengan cara sama-sama menuliskan yang diketahui dan ditanyakan, serta memasukan nilai yang diketahui dan menyamakan penyebut barulah memulai perhitungan, Sedangkan subjek kemampuan rendah langsung menjumlahkan pecahan dan tidak melakukan seperti yang dilakukan subjek kemampuan tinggi dan kemampuan sedang. 4) tahap memeriksa kembali hasil pekerjaan subjek kemampuan tinggi melakukan pemeriksaan kembali hasil pekerjaannya sebelum dan sesudah penyelesaian akhir, sedangkan subjek kemampuan sedang dan kemampuan rendah tidak melakukan pemeriksaan kembali terhadap hasil pengerjaannya.
Kata Kunci: Profil, pemecahan masalah, operasi hitung bilangan pecahan; Kemampuan matematika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136534
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item