Profil Pemecahan Masalah Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis

FADLUN (2021) Profil Pemecahan Masalah Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fadlun, 2020. “Profil Pemecahan Masalah Operasi Hitung Campuran Bilangan
Bulat Siswa Kelas VII SMP Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis”.
Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako. Pembimbing. Dr. Pathuddin, S.Pd., M.Si
Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendiskripsikan Profil pemecahan masalah
operasi hitung campuran bilangan bulat siswa kelas VII SMP yang berkecerdasan
logis matematis tinggi, (2) mendiskripsikan Profil pemecahan masalah operasi
hitung campuran bilangan bulat siswa kelas VII SMP yang berkecerdasan logis
matematis sedang, (3) mendiskripsikan Profil pemecahan masalah operasi hitung
campuran bilangan bulat siswa kelas VII SMP yang berkecerdasan logis
matematis rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam
penelitian ini adalah 3 siswa yang diambil dari 32 siswa kelas VII SMP Negeri 2
Tinombo. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada
analisis data kualitatif menurut Miles, Huberman dan Saldana (2014), Aktifitas
dalam analisis data, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan
kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil siswa yang
berkecerdasan logis matematis tinggi dalam memecahkan masalah yaitu: (a)
memahami masalah dengan melakukan pembacaan masalah secara berulang dan
dapat menentukan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan dari masalah yang
diberikan, (b) menyusun rencana pemecahan masalah dengan memisalkan jumlah
jawaban benar dengan ???? dan jawaban salah dengan ???? = 47 ? ???? serta membuat
model matematika dari informasi yang diketahui, (c) melaksanakan rencana
pemecahan masalah dengan Memisalkan jumlah jawaban benar dengan B dan
jawaban salah dengan ???? = 47 ? ????, Membuat model matematika berdasarkan hal
yang diketahui, Mengoperasikan yang berada dalam kurung terlebih dahulu,
kemudian perkalian dan operasi lainnya, Memindah ruaskan dengan alasan
memudahkan mencari nilai B, (d) Memeriksa kembali jawaban dengan
mensubsitusi nilai dari variabel ???? pada persamaan dan dapat menyimpulkan hasil
akhir yang diperoleh dengan tepat. Profil siswa yang berkecerdasan logis
matematis berkecerdasan logis matematis sedang dalam memecahkan masalah
yaitu: (a) memahami masalah dengan melakukan pembacaan masalah secara
berulang dan dapat menentukan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan dari
masalah yang diberikan, (b) menyusun rencana pemecahan masalah dengan
menggunakan pemisalan untuk membuat model matematika berdasarkan yang
diketahui dengan tepat pada soal serta menuliskannya pada lembar jawaban, (c)
melaksanakan rencana pemecahan masalah dengan Memisalkan jumlah jawaban
benar dengan ???? dan jawaban salah dengan ???? = 47 ? ????, Membuat model
matematika berdasarkan hal yang diketahui, Mengoperasikan yang berada dalam
kurung terlebih dahulu, kemudian perkalian dan operasi lainnya, Memindah
ruaskan dengan alasan memudahkan mencari nilai B, (d) sudah yakin dengan
jawabannya dan tidak melakukan pemeriksaan kembali jawabannya karena tidak paham cara memeriksa kembali jawabannya. Profil siswa yang berkecerdasan
logis matematis rendah dalam memecahkan masalah yaitu: (a) Memahami
masalah dengan membaca masalah tersebut dengan berulang akan tetapi
memerlukan waktu lebih lama dibandingkan subjek PT dan GR dan menentukan
hal-hal yang diketahui dan ditanyakan dari masalah yang diberikan (b) menyusun
rencana pemecahan maalah dengan membuat pemisalan jawaban benar dengan B
dan jawaban salah dengan S serta menuliskan pemisalan pada lembar jawaban
tetapi tidak tepat dan membuat model matematika berdasarkan yang diketahui
serta menuliskan model matematika pada lembar jawaban tetapi tidak tepat, (c)
melaksanakan rencana pemecahan masalah dengan memisalkan jumlah jawaban
benar dengan ???? dan jumlah jawaban salah dengan ????, membuat model matematika
berdasarkan hal yang diketahui tetapi tidak tepat, mengoperasikan tanpa
memperhatikan urutan pengerjaan hitungnya. Karena, tidak tepat dalam membuat
pemisalan dan kurang yakin dengan jawabannya sehingga nilai B pada hasil akhir
yang diperoleh tidak tepat, (d) sudah yakin dengan jawabannya dan tidak
melakukan pemeriksaan kembali jawabannya karena tidak paham cara memeriksa
kembali jawabannya.
Kata kunci: Profil, pemecahan masalah, kecerdasan logis matematis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136536
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item