MAGFIRA RENTA (2021) PROFIL PEMECAHAN MASALAH OPERASI HITUNG CAMPURAN SISWA KELAS IV SDN 8 MAMBORO BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Magfira Renta (2021). Profil Masalah Operasi Hitung Campuran Siswa Kelas IV
SDN 8 Mamboro Berdasarkan Tingkat Keampuan Matematika. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Akina.
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah Profil Masalah Operasi Hitung
Campuran Siswa Kelas IV SDN 8 Mamboro Berdasarkan Tingkat Keampuan
Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran
penyelesaiaan Masalah Operasi Hitung Campuran Siswa Kelas IV SDN 8
Mamboro Berdasarkan Tingkat Keampuan Matematika. Jenis Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif yang didasarkan pada langkah pemecahan
masalah yang dikemukakan oleh Polya. Hasil penelitian menunjukan bahwa
subjek berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam memecahkan
masalah operasi hitung campuran adalah sebagai berikut: 1) Tahap memahami
masalah subjek kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah melakukan
pembacaan berulang sehingga subjek mampu mengidentifikasi informasi yang
tersedia di soal seperti apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan. 2) Tahap
membuat rencana pemecahan masalah subjek kemampuan matematika tinggi
memiliki rencana pemecahan masalah dengan cara mengkalikan dan
menjumlahkan. Subjek kemampuan matematika sedang memiliki rencana
pemecahan masalah dengan cara menjumlahkan dan mengurangkan. Sedangkan
subjek kemampuan matematika rendah memiliki rencana pemecahan masalah
dengan cara menjumlahkan. 3) Tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah
subjek matematika tinggi dengan cara menuliskan terlebih dahulu informasi yang
terdapat disoal seperti yang diketahui dan yang ditanyakan, kemudian subjek
memulai perhitungan. Subjek matematika sedang melaksanakan rencana
pemecahan masalah dengan cara menuliskan terlebih dahulu informasi yang
terdapat disoal seperti apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, barulah
subjek memulai perhitungan. Subjek kemampuan matematika rendah
melaksanakan rencana pemecahan masalah dengan cara menjumlahkan. 4) Tahap
memeriksa kembali hasil pekerjaan subjek kemampuan matematika tinggi
melakukan pemeriksaan kembali terhadap hasil pengerjaannya dengan memeriksa
kembali langkah demi langkah pekerjaannya. Subjek kemampan matematika
sedang melakukan pemeriksaan kembali terhadap hasil pengerjaannya. Subjek
kemampuan matematika rendah tidak melakukan pemeriksaan kembali terhadap
hasil pengerjaannya.
Kata Kunci : Operasi Hitung Campuran, Tingkat Kemampuan Matematika
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136537 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |