PROFIL PEMECAHAN MASALAH PECAHAN SISWA SMP LABSCHOOL UNTAD PALU KELAS Vii DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN

MIFTAH FADIL (2020) PROFIL PEMECAHAN MASALAH PECAHAN SISWA SMP LABSCHOOL UNTAD PALU KELAS Vii DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Miftah Fadil. 2020. Profil Pemecahan Masalah Pecahan Siswa SMP Lab School
Untad Palu Kelas VII Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako. Pembimbing (I) Sukayasa, Pembimbing (II) Muh. Rizal
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai profil pemecahan
masalah pecahan siswa SMP kelas VII yang berkemampuan tinggi, sedang dan
rendah berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif yang didasarkan pada langkah pemecahan masalah yang dikemukakan
oleh Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pemecahan masalah
pecahan siswa laki-laki dan peremuan berkemampuan tinggi, sedang dan rendah
tahap memahami masalah adalah menentukan hal yang diketahui berdasarkan
kalimat pernyataan dan hal yang ditanyakan berdasarkan kalimat tanya; tahap
membuat rencana pemecahan masalah siswa perempuan berkemampuan tinggi dan
sedang dan siswa laki-laki berkemampuan sedang memiliki rencana pemecahan
masalah yang sama, siswa laki-laki berkemampuan tinggi dan rendah dan siswa
perempuan berkemampuan rendah menggunakan cara lain; tahap melaksanakan
perencanaan pemecahan masalah siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan
tinggi dan sedang dapat mengaitkan konsep antara operasi hitung bilangan bulat
dan bilangan pecahan, siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan rendah tidak
dapat melibatkan konsep pecahan pada masalah sehingga dalam menyelesaikan
berdasarkan pengetahuan yang dimiliki; tahap memeriksa kembali jawaban siswa
laki-laki dan perempuan berkemampuan tinggi menggunakan cara yang berbeda
dalam melakukan pemeriksaan kembali jawaban, siswa laki-laki dan perempuan
berkemampuan sedang dan rendah tidak melakukan pemeriksaan kembali jawaban.
Kata kunci: Profil, pemecahan masalah; pecahan, langkah-langkah pemecahan masalah
Polya, perbedaan jenis kelamin

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136542
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item