DEVI AYU SARI (2020) PROFIL PEMECAHAN MASALAH PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 4 PALU DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Devi Ayu Sari. 2020. Profil Pemecahan Masalah Perbandingan Senilai dan
Berbalik Nilai Siswa di Kelas VII SMP Negeri 4 Palu Ditinjau dari Jenis Kelamin.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Maxinus Jaeng, Pembimbing (II) Bakri M.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh profil pemecahan masalah
perbandingan senilai dan berbalik nilai siswa di kelas VII SMP Negeri 4 Palu
ditinjau dari jenis kelamin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek
penelitian ini ada 2 orang terdiri dari 1 orang siswa laki-laki berkemampuan tinggi
(SLT) dan 1 orang siswa perempuan berkemampuan tinggi (SPT). Pemecahan
masalah pada penelitian ini mengacu pada langkah-langkah pemecahan masalah
Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) siswa laki-laki berkemampuan
tinggi (SLT): a) memahami masalah no 1 dan 2, siswa dapat dengan baik
memahami masalah yang diberikan. b) membuat rencana pemecahan soal no 1
dan 2, siswa sudah dengan baik membuat perencanaan pemecahan masalah. c)
melaksanakan rencana pemecahan masalah soal no 1 dan 2, siswa sudah dapat
dengan baik melaksanakan rencana pemecahan masalah yang dia susun
sebelumnya. d) memeriksa kembali, siswa sudah mampu memenuhi tahapan
pemeriksaan kembali, namun siswa tidak mensubtitusi ulang jawaban yang
diperoleh kedalam rumus. (2) siswa perempuan berkemampuan tinggi (SPT): a)
memahami masalah no 1 siswa belum memahami masalah dengan baik, soal no 2
siswa sudah dapat memahami masalah dengan baik. b) membuat rencana
pemecahan soal no 1 siswa belum membuat perencanaan pemecahan masalah
dengan baik, soal no 2 siswa sudah membuat perencanaan dengan baik. c)
melaksanakan rencana pemecahan masalah soal no 1 dan 2 siswa belum mampu
memenuhi tahap pelaksanaan rencana pemecahan masalah dengan baik. d)
memeriksa kembali, siswa belum mampu memenuhi tahapan pemeriksaan
kembali untuk soal no 1 dan no 2.
Kata Kunci: Profil Pemecahan Masalah; Masalah Perbandingan Senilai dan
Berbalik Nilai; Jenis Kelamin.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136546 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |