Profil Pemecahan Masalah Persamaan Kuadrat Satu Variabel Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas IX A MTs Al-Khairaat Tondo

ALI RAHMATULLAH R.MANGILI (2025) Profil Pemecahan Masalah Persamaan Kuadrat Satu Variabel Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas IX A MTs Al-Khairaat Tondo. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ali Rahmatullah R.Mangili, 2025. “Profil Pemecahan Masalah pada Materi
Persamaan Kuadrat Satu Variabel Berdsarkan Gaya Belajar kelas IX A MTs Al-
Khairaat Tondo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan
Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan
Pendidikan, Universotas Tadulako. Pembimbing Muh. Hasbi.
Penelitian ini bertujuan unntuk memperoleh deskripsi tentang profil
pemecahan masalah persamaan kuadrat satu variabel siswa kelas IX A MTs Al-
Khairaat Tondo. Lokasi penelitian di MTs Al-Khairaat Tondo, Jl. Al-Khairaat,
Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Jenis
penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. subjek penelitian ini
adalah siswa kelas IX A MTs AL-Khairaat Tondo yang bergaya belajar visual,
auditorial dan kinestetik. Pengambilan subjek menggunakan lembar kusioner
angket gaya belajar yang sudah kredibel. Teknik pengumpulan data menggunakan
tes tertulis yaitu soal persamaan kuadrat satu variabel yang sudah tervalidasi oleh
validator. Selanjutnya, dilakukan wawancara kepada subjek setelah
menyelesaikan tes tertulis. Hasil penelitian terlihat bahwa Siswa dengan gaya
belajar visual cenderung menuliskan informasi dengan teliti untuk
mengidentifikasi masalah, merumuskan solusi secara terencana, mengingat solusi
melalui gambaran visual, menjelaskan kelebihan dan kekurangan tiap solusi
dengan alasan yang jelas, dan memilih solusi terbaik dengan pertimbangan
matang. Siswa dengan gaya belajar auditorial mampu mengidentifikasi masalah
dengan jelas melalui penjelasan verbal, mengonversi masalah ke bentuk
persamaan dengan lengkap, mengingat solusi menggunakan pendengaran,
menjelaskan kelebihan dan kekurangan solusi dengan lancar, serta memilih solusi
terbaik dengan alasan yang meyakinkan. Siswa dengan gaya belajar kinestetik
cenderung mengidentifikasi masalah dengan perlahan, mendefinisikan masalah
menggunakan bahasanya sendiri sambil melakukan aktivitas fisik,
mengembangkan solusi berdasarkan pengalaman, menguji solusi dengan merujuk
pada pengalaman sebelumnya, dan memilih solusi terbaik secara praktis
berdasarkan pengalaman tersebut.
Kata Kunci: Pemecahan Masalah, John Dewey, Persamaan Kuadrat Satu
Variabel, Gaya Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136548
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item