NUR ANISA (2022) PROFIL PEMECAHAN MASALAH PERSEGI PANJANG SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 1 DONGGALA DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Nur Anisa, 2021. Profil Pemecahan Masalah Persegi Panjang Siswa Kelas VIII
MTs Negeri 1 Donggala Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako. Pembimbing Sutji Rochaminah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk
memperoleh deskripsi pemecahan masalah persegi panjang siwa kelas VIII MTs
Negeri 1 Donggala yang berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Adapun pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang didasarkan pada langkah
pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya. Subjek penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini sebanyak tiga siswa yaitu siswa berkemampuan
matematika tinggi (KS), siswa berkemampuan matematika sedang (AL), dan siswa
berkemampuan matematika rendah (ZN). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
profil pemecahan masalah persegi panjang subjek KS, subjek AL, dan subjek ZN
adalah sebagai berikut: (1) Tahap memahami masalah, subjek KS dan AL
melakukan pembacaan soal secara berulang untuk memahami masalah yang
diberikan, subjek KS dan AL dapat menyebutkan dan menuliskan hal-hal yang
diketahui dan yang ditanyakan dari masalah dengan lengkap. Sedangkan subjek ZN
walaupun membaca soal berulang-ulang tetapi subjek tidak memahami masalah
yang diberikan. ZN menyebutkan informasi-informasi yang ada pada soal tetapi
tidak lengkap; (2) Tahap membuat rencana pemecahan masalah, subjek KS dan AL
memiliki strategi yang jelas dalam merencanakan penyelesaian, sedangkan subjek
ZN tidak memiliki satupun rencana pemecahan masalah; (3) Tahap melaksanakan
rencana pemecahan masalah, subjek KS dan AL melaksanakan rencana pemecahan
masalah sesuai dangan rencana yang telah direncanakan dan memperoleh
penyelesaian yang tepat, sedangkan subjek ZN tidak dapat melaksanakan rencana
pemecahan masalah; (4) Tahap memeriksa kembali jawaban, subjek KS memeriksa
kembali jawaban dengan memeriksa kembali langkah-langkah penyelesaian dan
melakukan perhitungan ulang, sedangkan subjek AL dan ZN tidak melakukan
pemeriksaan kembali jawaban.
Kata kunci: Profil, Pemecahan Masalah, Persegi Panjang, Kemampuan Matematika
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136552 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |