PROFIL PEMECAHAN MASALAH SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS X MAN SIGI

SUCI RAMADHANI (2023) PROFIL PEMECAHAN MASALAH SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS X MAN SIGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suci Ramadhani, 2023. Profil Pemecahan Masalah Sistem Pertidaksamaan Linear
Dua Variabel Siswa Kelas X MAN Sigi. Program Studi Pendidikan Matematika,
Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dasa Ismaimuza.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil pemecahan masalah sistem
pertidaksamaan linear dua variabel siswa kelas X MAN Sigi. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas X IPA 1 MAN Sigi, kemudian dipilih terdiri dari dua orang siswa
yaitu satu siswa berkemampuan tinggi dan satu siswa berkemampuan rendah. Jenis
penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan masalah tertulis dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahap memahami masalah, subjek
berkemampuan tinggi dapat mengindentifikasi informasi-informasi yang terdapat
pada masalah. Sedangkan subjek berkemampuan rendah dapat mengidentifikasi
informasi yang terdapat pada masalah dapat mengidentifikasi informasi yang
terdapat pada masalah tetapi tidak mengerti maksud dari masalah yang diberikan. (2)
Tahap melaksanakan rencana, subjek berkemampuan tinggi membuat pemisalan
variabel x dan variabel y, membuat model matematika sistem pertidaksamaan
dengan menggunakan informasi yang terdapat pada masalah dan menggunakan
metode substitusi untuk menyelesaikan masalah. Sedangkan subjek berkemampuan
rendah, tidak dapat membuat rencana atau strategi untuk menyelesaiakan masalah.
(3) Tahap melaksanakan rencana, subjek berkemampuan tinggi, menghubungkan
informasi pada tahap memahami dengan rencana yang telah dibuat untuk digunakan
dalam proses melaksanakan rencana yakni menggunakan metode substitusi.
Sedangkan subjek berkemampuan rendah, tidak terdapat penyelesaian atau proses
yang dilakukan untuk melaksanakan rencana. (4) Tahap memeriksa kembali, subjek
berkemampuan tinggi mampu menyimpulkan jawaban dan yakin atas apa yang telah
dia kerjakan. Sedangkan subjek berkemampuan rendah tidak terdapat penyelesaian
untuk melakukan pemeriksaan kembali.
Kata kunci: Profil pemecahan masalah, sistem pertidaksamaan linear dua variabel,
tahapan polya

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136563
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item