PROFIL PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 PALU DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATERI UNTUNG DAN RUGI BERDASARKAN SELF-EFFICACY

ANNISA (2025) PROFIL PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 PALU DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATERI UNTUNG DAN RUGI BERDASARKAN SELF-EFFICACY. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ANNISA, 2024. “Profil Pemecahan Masalah Siswa Kelas IX SMP Negeri Palu
dalam Menyelesaikan Masalah Materi Untung dan Rugi Berdasarkan Self-efficacy.”
Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Tadulako, Pembimbing I Nyoman Murdiana.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemecahan masalah siswa
kelas IX SMP Negeri 2 Palu dalam menyelesaikan masalah materi untung dan rugi
berdasarkan self-efficacy. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP
Negeri 2 Palu yang terdiri dari tiga orang yaitu satu peserta didik yang memiliki
tingkat self-efficacy tinggi, satu peserta didik memiliki tingkat self-efficacy sedang
dan satu peserta didik memiliki tingkat self-efficacy rendah. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket, tes matematika dan wawancara. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa siswa dengan self-efficacy tinggi mampu menjalani setiap
tahap pemecahan masalah dengan percaya diri dan memenuhi seluruh indikator
kemampuan pemecahan masalah yakni memahami masalah, menyusun rencana
pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa
kembali. Siswa dengan tingkat self-efficacy sedang dapat memenuhi dua indikator
pemecahan masalah yakni pada tahap memhami masalah dan menyusun rencana
pemecahan masalah dapat menyebutkan sebagian informasi yang diberikan dan
merencanakan penyelesaian masalah meski dengan beberapa kesalahan, seperti
ketidaktepatan dalam memasukkan angka. Pada tahap memeriksa kembali, mereka
kurang yakin dengan jawabannya dan tidak melakukan pengecekan secara
menyeluruh, yang mengakibatkan kesalahan dalam hasil. Sedangkan siswa dengan
self-efficacy rendah hanya mampu memenuhi satu indikator pemecahan masalah
dengan menyebutkan informasi yang diberikan tanpa pemahaman yang mendalam,
tidak mengetahui cara yang tepat dalam merencanakan penyelesaian masalah, dan
sering membuat kesalahan dalam perhitungan. Pada tahap memeriksa kembali,
mereka tidak melakukan pengecekan, yang menyebabkan hasil yang salah.
Kata kunci: Pemecahan Masalah, Aritmatika Sosial, Self-Efficacy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136568
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item