YULVIYANA (2022) Profil Pemecahan Masalah Siswa SMP Negeri 1 Palasa Dalam Menyelesaikan Soal Programme For International Student Assessment (PISA) Konten Quantity. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh profil pemecahan masalah siswa
SMP Negeri 1 Palasa dalam menyelesaikan soal PISA konten quantity. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa yang
masing-masing berkemampuan tinggi dan sedang. Data dikumpulkan dengan metode
tes dan wawancara. Pemecahan masalah pada penelitian ini mengacuh pada langkahlangkah pemecahan masalah Polya. Hasil penelitian menunjukan: (1) Pada tahapan
memahami masalah, siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang dapat
mengidentifikasi hal-hal yang diketahui dan ditanyakan pada masalah yang
diberikan. (2) Pada tahap membuat rencana pemecahan masalah, siswa
berkemampuan matematika tinggi dan sedang dapat menjelaskan rencana pemecahan
masalah dan menghubungkan dengan hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal
sehingga menuju pada penyelesaian masalah. (3) Pada tahap melaksanakan rencana
pemecahan masalah, siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang dapat
menuliskan langkah-langkah penyelesaian berdasarkan rencana pemecahan yang
telah dibuat dan memperoleh hasil akhir. (4) Pada tahapan memeriksa kembali proses
dan hasil penyelesaian masalah, siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang
dapat menyesuaikan jawaban yang diperoleh dengan hal yang ditanyakan pada soal
serta dapat membuat kesimpulan di akhir penyelesaian masalah.
Kata kunci: Profil, Pemecahan masalah, PISA, Quantity, Polya
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136581 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |