PROFIL PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA STATISTIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I BAMBALAMOTU

SARKIA S. (2022) PROFIL PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA STATISTIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I BAMBALAMOTU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Sarkia S. 2022. Profil Pemecahan masalah soal cerita statistika ditinjau dari gaya
kogniif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bambalamotu. Skripsi, Program Studi
pendidikan matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing I Nyoman Murdiana.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah
statustika siswa berdasarkan gaya kognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bambalamotu yang terdiri dari 2 orang
yaitu siswa yang gaya kognitif Field Independent dan siswa gaya kognitif Field
Dependent . Penentuan subjek penelitian didasarkan pada hasil tes Group
Embedded Figure Test (GEFT). Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan
wawancara. Analisis data kualitatif dilakukan dengan tahap reduksi data,penyajian
data data, dan tahap menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penilitian ini
menunjukkan bahwa: 1). Pemecahan masalah matematika dengan gaya kognitif
Field Independent adalah pada tahap memahami masalah berkategori baik , siswa
menulis apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal dan juga dapat menjelaskan
soal dengan kalimat sendiri. Pada tahap merancang pemecahan masalah
berkategorikan baik, siswa mampu menentukan rencana yang sesuai untuk
menyelesaikan masalah. Pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah
berkategorikan baik, siswa dapat menerapkan rencana yang sudah ditentukan
untuk menyelesaikan masalah dan juga memperoleh jawaban yang benar. Pada
tahap memeriksa kembali berkategori cukup baik, siswa menuliskan kesimpulan
akhir namun tidak memeriksa kembali perhitungan yang dibuat. 2). Pemecahan
masalah dengan gaya kognitif Field Dependent adalah pada tahap memahami
masalah berkategori baik, siswa dapat menentukan apa yang diketahui dan
ditanyakan dalam masalah, dan dapat menjelaskan dengan kalimat sendiri
walaupun tidak jauh beda dengan kalimat soal. Pada tahap merencanakan
berkategori cukup baik siswa mampu menentukan rencana yang sesuai untuk
menyelesaikan masalah. Pada tahap melaksanakan rencana berkategori cukup baik,
siswa dapat menerapkan rencana yang sudah ditentukan untuk menyelesaikan
masalah dan juga memperoleh jawaban. Pada tahap memeriksa kembali
berkategori cukup baik, siswa menuliskan kesimpulan akhir namun tidak
memeriksa kembali perhitungan yang dibuat.
Kata kunci: Profil pemecahan masalah, Statistika, gaya kognitif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136584
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item