NINDI R. KURNIASARI (2025) PROFIL PENALARAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH POLA BILANGAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER DAN VERBALIZER DI SMPN 1 POSO. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Nindi R. Kurniasari, 2024. Profil Penalaran dalam Memecahkan Masalah Pola Bilangan Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer di SMPN 1 Poso. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Sukayasa, (II) Sutji Rochaminah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil penalaran dalam memecahkan masalah pola bilangan ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer di SMPN 1 Poso. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Poso dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua siswa yang memiliki gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan angket Visualizer and Verbalizer Questionnaire (VVQ), tes pola bilangan, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah penalaran subjek visualizer dan verbalizer dalam memahami masalah yaitu Mengajukan dugaan yang ada di soal dengan informasi yang diperoleh dari pengetahuan sebelumnya. Penalaran dalam merencanakan pemecahan masalah, subjek visualizer membuat solusi yaitu dengan menggunakan representasi visual yaitu membuat gambar serta menggunakan representasi gambar geometri persegi. Sedangkan subjek verbalizer membuat solusi yaitu dengan menggunakan rumus suku ke-n serta menggunakan representasi simbol aritmatika. Penalaran dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah yaitu subjek visualizer menggunakan manipulasi dengan menggambar setiap pola yang ada untuk memudahkan perhitungan dan menjalankannya dengan baik dan benar, serta dapat memeriksa kebenaran hasil yang diperoleh. Sedangkan subjek verbalizer melakukan analisis data terhadap informasi dan solusi yang telah dibuat dan menjalankan prosedur dalam menyelesaikan masalah dengan baik dan benar, serta dapat memeriksa kebenaran hasil yang diperoleh. Penalaran dalam memeriksa kembali, subjek visualizer dan verbalizer menyimpulkan hasil penyelesaian dan memeriksa kembali setiap langkah penyelesaian yang dilakukan.
Kata kunci: Penalaran, Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined]) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Matematika |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136592 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |