Profil Penyelesaian Soal Bilangan Berpangkat Siswa Kelas IX SMP Negeri 20 Palu

ANA HESTY JUWITA (2023) Profil Penyelesaian Soal Bilangan Berpangkat Siswa Kelas IX SMP Negeri 20 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi dari profil penyelesaian soal bilangan berpangkat siswa kelas IX SMP Negeri 20 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IXA SMP Negeri 20 Palu yang terdir idari satu siswa berkemampuan matematika tinggi, satu siswa berkemampuan matematika sedang dan satu siswa berkemampuan matematika rendah. Data dikumpulkan dengan cara pemberian tugas dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyelesaian soal siswa berkemampuan matematika tinggi: (1) dapat menggunakan langkah-langkah yang benar. (2) dapat menggunakan sifat-sifat perpangkatan dalam menyelesaikan soal nomor 1, 2 dan 3 dengan tepat. Kemudian penyelesaian soal siswa berkemampuan matematika sedang: (1) masih keliru dalam menyelesaikan soal nomor 1, siswa tidak mengetahui sifat yang benar pada bentuk pembagian bilangan berpangkat. (2) pada soal nomor 2 dan 3 siswa sudah tepat dalam menyelesaikan soal tersebut, akan tetapi siswa tersebut hanya menyelesaikan sampai pangkat sederhana saja. Serta siswa berkemampuan matematika rendah: (1) pada soal nomor 1 siswa tidak menggunakan sifat yang ada pada bentuk perpangkatan. (2) pada soal nomor 2 dan 3 siswa masih keliru dalam menyelesaikan dikarenakan siswa tidak mengetahui sifat-sifat dari bentuk bilangan berpangkat.

Kata Kunci : profil penyelesaian, penyelesaian soal, bilangam berpangkat, sifat-sifat bilangan berpangkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136611
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item