PROFIL PENYELESAIAN SOAL MATERI FUNGSI KOMPOSISI KELAS X SMA NEGERI 1 SIGI DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT DAN INTROVERT

HARTINA (2023) PROFIL PENYELESAIAN SOAL MATERI FUNGSI KOMPOSISI KELAS X SMA NEGERI 1 SIGI DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT DAN INTROVERT. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana profil penyelesaian soal materi fungsi komposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sigi ditinjau dari tipe kepribadian extrovert dan introvert. Penelitian ini merupkan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini ada 2 siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Sigi. Pengambilan subjek menggunakan tes keprubadian Myers-Briggs-Type Indicator. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi waktu. Teknik analisis data dengan langkah-langkah 1) kondensasi data, 2) penyajian data dan 3) penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik subjek extrovert maupun introvert mampu dalam merumuskan penyelesaian. dengan menggunakan alasan yang logis. Pada indikator menerapkan strategi subjek introvert dapat menjelaskan dengan lugas tiap langkah yang diambil dalam menyelesaikan masalah. Subjek introvert lebih teliti dan hati-hati dibandingkan subjek extrovert dalam menyelesaikan masalah. Hal tersebut ditunjukan dengan perhitungan yang tidak tepat yang dilakukan oleh subjek extrovert. Pada indikator menjelaskan hasil penyelesaian, subjek introvert dapat menarik kesimpulan dengan cara membuktikan kebenaran hasil yang diperoleh, sedangkan subjek extrovert tidak dapat menuliskannya dengan tepat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136629
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item