Profil Penyelesaian Soal Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Model SPMI Palu

SAFIRA AFRILIA (2022) Profil Penyelesaian Soal Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Model SPMI Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Safira Afrilia, 2021. “Profil Penyelesaian Soal Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Model SPMI Palu”. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Gandung Sugita.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: memperoleh deskripsi tentang penyelesaian siswa kelas VII SMP Negeri 18 Model SPMI Palu dalam mengerjakan soal operasi hitung perkalian dan pembagian bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa yang diambil dari 32 siswa kelas VIIA SMP Negeri 18 Model SPMI Palu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyelesaian siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal operasi hitung perkalian dan pembagian bentuk aljabar yaitu: (1) ST mampu menyelesaikan soal aljabar sesuai dengan konsep dan prosedur operasi perkalian bentuk aljabar tetapi pada penyelesaiannya masih terdapat kesalahan seperti lupa menuliskan tanda bilangan dan salah menuliskan soal, (2) ST mampu menyelesaikan soal sesuai dengan konsep dan prosedur operasi pembagian bentuk aljabar yang tidak memiliki sisa, namun ST belum mampu menyelesaikan soal sesuai dengan konsep dan prosedur operasi pembagian bentuk aljabar yang memiliki sisa. Hal ini disebabkan karena ST menganggap bahwa semua pembagian bentuk aljabar harus habis dibagi atau hasil akhirnya nol (0). Penyelesaian siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal operasi hitung perkalian dan pembagian bentuk aljabar yaitu: (1) SS belum mampu menyelesaikan soal sesuai dengan konsep dan prosedur operasi perkalian bentuk aljabar, (2) SS mampu menyelesaikan soal sesuai dengan konsep dan prosedur operasi pembagian bentuk aljabar yang tidak memiliki sisa, namun SS belum mampu menyelesaikan soal sesuai dengan konsep dan prosedur operasi pembagian bentuk aljabar yang memiliki sisa. Hal ini disebabkan karena SS menganggap bahwa semua pembagian bentuk aljabar harus habis dibagi atau hasil akhirnya nol (0). Penyelesaian siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal operasi hitung perkalian dan pembagian bentuk aljabar yaitu: SR tidak mampu menyelesaikan soal sesuia dengan konsep dan prosedur operasi perkalian dan pembagian bentuk aljabar.
Kata Kunci: profil, penyelesaian, aljabar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Matematika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/136631
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item